Abstract
AbstrakKeterbatasan media pembelajaran Geografi di SMAN 1 Krembung menyebabkan guru menggunakan metode pembelajaran klasik seperti ceramah yang stagnan, dan berdampak pada rendahnya tingkat respon siswa yaitu sekitar 58,3% tidak memperhatikan dengan baik materi pembelajaran. Siswa juga memiliki tingkat kemampuan komunikasi dan bekerjasama serta hasil belajar yang rendah yaitu rata-rata 64,43%. Dengan mengembangkan media belajar monopoli, penelitian bertujuan untuk: 1) menguji kelayakan media belajar monopoli, 2) menguji efektivitas penggunaan media monopoli dalam meningkatkan kerjasama siswa, 3) menguji efektivitas penggunaan media monopoli dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, dan 4) menguji efektivitas penggunaan media monopoli dalam meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan ialah model ADDIE. Metode pengambilan data menggunakan pengamatan, kuisioner, dan penilaian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif untuk data hasil belajar, dan analisis data kualitatif untuk validasi media serta pengamatan kemampuan kerja sama dan komunikasi.
Hasil validasi media sebesar 99% dengan ini menunjukkan bahwa media monopoli layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Hasil tahap pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media dapat meningkatkan kemampuan komunikasi sebesar 52% dan bekerjasama sebesar 63% , serta mempengaruhi kenaikan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,67%.
Kata kunci : Pengembangan media, permainan monopoli, kemampuan berkomunikasi,kemampuan bekerjasama, hasil belajar
Downloads
Download data is not yet available.

