Analisis Perkembangan Wilayah Di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk

Analysis of Regional Development in Kertosono District, Nganjuk Regency

  • Kunny Alfia Mufida Universitas negeri surabaya
  • Dr. Rindawati M.Si Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kecamatan Kertosono merupakan wilayah yang terletak di ujung paling timur Kabupaten Nganjuk berbatasan dengan Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri. Kecamatan Kertosono memiliki banyak keuntungan karena lokasinya sangat strategis yang menghubungkan 3 kabupaten dan berada di jalur utama Surabaya-Jogjakarta serta dilewati akses jalur Tol Trans Jawa sehingga memudahkan aksesibilitas barang maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan wilayah pada setiap desa di Kecamatan Kertosono yang diklasifikasikan menjadi tiga yaitu tingkat perkembangan wilayah tinggi, sedang dan rendah.

Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan keruangan. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian sensus dengan unit analisis seluruh desa di Kecamatan Kertosono yaitu satu Kelurahan dan tiga belas Desa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber pada arsip dan dokumen. Untuk menganalisis perkembangan wilayah secara fisik melalui analisis citra multitemporal google earth tahun 2010 dan 2018.

Hasil penelitian ini adalah tingkat perkembangan wilayah pada setiap desa di Kecamatan Kertosono terdapat satu kelurahan dan tiga desa yang memiliki tingkat perkembangan wilayah tinggi yang tergolong wilayah maju, dua desa dengan tingkat perkembangan wilayah sedang yang tergolong wilayah sedang berkembang serta delapan desa dengan tingkat perkembangan wilayah rendah yang tergolong wilayah tertinggal. Disimpulkan bahwa perkembangan wilayah di Kecamatan Kertosono tergolong sedang karena 57% wilayah memiliki tingkat perkembangan rendah, wilayah sedang 14% dan tingkat perkembangan wilayah tinggi 29%.

Kata Kunci: tingkat perkembangan wilayah, klasifikasi desa, tingkat perkembangan desa

Published
2021-01-13