STUDI KESESUAIAN SUNGAI NGUNUT DI KAWASAN WISATA GROWGOLAND WATER FUN UNTUK MENJADI TEMPAT PEMANDIAN WISATA DI DESA NGUNUT KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

STUDI KESESUAIAN SUNGAI NGUNUT DI KAWASAN WISATA GROWGOLAND WATER FUN UNTUK MENJADI TEMPAT PEMANDIAN WISATA DI DESA NGUNUT KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

  • Egista Rachma Putri Apsari UNESA
  • Agus Sutedjo UNESA

Abstract

Abstrak

Kawasan wisata Growgoland Water Fun adalah salah satu wisata yang terletak di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro lebih tepatnya di Desa Ngunut Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Beberapa atraksi wisata dapat dijumpai pada kawasan ini. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata ini mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian Sungai Ngunut yang berada di kawasan Growgoland Water Fun sebagai lokasi pemandian, lokasi kegiatan outbound, dan untuk mengetahui tingkat kesesuaian lokasi untuk kegiatan berkemah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel yang diambil accidental sampling. Data kesesuaian wisata untuk pemandian  meliputi kecepatan arus, kemiringan sungai, debit sungai, kedalaman sungai atau tinggi muka air, tipe sungai, material dasar perairan, kecerahan perairan, lebar sungai, biota berbahaya, pH, suhu, DO, colifaecal. Kesesuaian wisata kegiatan outbound meliputi hamparan dataran, panjang sungai, biota berbahaya, vegetasi yang hidup di tepi sungai. Kesesuaian wisata kegiatan berkemah meliputi drainase tanah, bahaya banjir, permeabilitas, tekstur permukaan tanah, kerikil dan berakal, batu, batuan. Data kecepatan arus, kemiringan sungai, debit sungai, kedalaman sungai, tipe sungai, material dasar perairan, kecerahan perairan, lebar sungai, biota berbahaya, pH, suhu, DO (oksigen terlarut) dan colifaecal diperoleh dari pengukuran. Data hamparan dataran, panjang sungai, vegetasi yang hidup disungai, drainase tanah, bahaya banjir, tekstur permukaan tanah, kerikil dan berakal, batu, dan batuan diperoleh dari observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan Indeks Kesesuaian Wisata untuk mengetahui tingkat kesesuaian wisata.

Hasil penelitian menunjukan tingkat kesesuaian wista pemandian masuk dalam kategori sangat sesuai. Kegiatan outbound masuk dalam kategori sesuai, namun semak belukar pada lahan outbound memberikan kesan yang kering dan tidak terawat.. Kesesuaian wisata berkemah memiliki kategori sangat sesuai.

Published
2021-01-22