Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Buku Berjendela pada Materi GejalagejalaAtmosfer Kelas VII di SMPN 3 Balongpanggang Gresik

  • RESFITA AINUROHMAH

Abstract

Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Buku Berjendela pada Materi Gejalagejala
Atmosfer Kelas VII di SMPN 3 Balongpanggang Gresik
Resfita Ainurohmah
Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, resvitha@gmail.com
Dr. Bambang Sigit W, M.Pd
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa selain disebabkan dari sisi siswa juga bisa disebabkan dari sisi
guru.Dari sisi siswa salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar di pengaruhi oleh
rendahnya minat baca.Sedangkan dari sisi guru rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan karena
kurangnya persiapan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran.Oleh karena itu Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat menarik minat baca siswa
dengan buku berjendela khususnya pada materi gejala-gejala atmosfer kelas VII di SMP Negeri 3
Balongpanggang Gresik, (2) membandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan buku berjendela (flap book) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tidak
menggunakan buku berjendela (flap book), serta untuk (3) mengetahui respon siswa terhadap buku
berjendela (flap book).Pengembangan perangkat pembelajaran dengan buku berjendela dilakukan
dengan model 4-D Thiagarajan.Analisis data pada perangkat pembelajaran digunakan uji kelayakan,
sedangkan pada hasil belajar digunakan uji t. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN3
Balongpanggang gresik tahun ajaran 20012-2013 yang meliputi kelas VII A sebagai kelas uji coba, VII B
sebagai kelas kontrol, dan VII C sebagai kelas eksperimen.Hasil analisis menunjukkan bahwa (1)
perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa silabus dan RPP di dapati skor 3,8, sehingga termasuk
sangat baik karena berada pada rentang skor 3 > x ≥ 4. Buku berjendela (flap book) di dapati skor 3,6,
skor tersebut menunjukkan bahwa buku berjendela (flap book) termasuk kategori sangat layak karena
berada pada rentang skor 3 > x ≥ 4. Instrumen tes hasil belajar telah memenuhi kriteria baik/valid dan
reliabel. (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan buku berjendela (flap book) lebih baik daripada
hasil belajar siswa yang tidak menggunakan buku berjendela (flap book) yaitu ketuntasan secara klasikal
kelas eksperimen sebesar 88%. Sedangkan pada kelas kontrol ketuntasan secara klasikal sebesar 68%.
Data yang diperoleh dari hasil pre test dan post test dilakukan uji t. Berdasarkan perhitungan
independent sample T-Test tidak ada perbedaan rata-rata nilai pre test di kelas eksperimen dan nilai pre
test di kelas kontrol, sedangkan hasil dari nilai post test yang menggunakan buku berjendela di kelas
eksperimen dan post test di kelas kontrol yang tidak menggunakan buku berjendela adalah terdapat
perbedaan.
Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, buku berjendela, gejala-gejala atmosfer
Abstract
Low rate in student learning grade caused by either from student side or teacher side. Among
many factor one of them is low reading interest from student. Meanwhile from teacher side low learning
grade is caused by lack of learning tools preparation by the teacher.Therefore this research aims to: (1)
to develop learning tools that picks student reading interest using flap book especially on atmospheric
phenomenas grade VII at SMPN 3 Balongpanggang Gresik, (2) to compare student learning results who
used flap book to student who did not used flap book, and (3) to find student responds to flap
book.Development of learning tools using flap book done under 4-D Thiagarajan models. Learning tools
data analysis using proper test, meanwhile to learning results use t-test. Subjects of this research is
student of grade VII at SMPN 3 Balongpanggang gresik year 2012-2013 consist of class VII A as preexperiment
class, VII B as class control, and VII C as experiment class.The analysis results showed that
(1) produced learning tools, such as silabus and RPP got score 3,8, which means very good because it
lies on score range of 3 > x ≥ 4. Flap book got score 3,6, that score showed that flap book included in
very proper category because it lies on score range of 3 > x ≥ 4. Learning results test already met the
requirement to be good/valid and reliable. (2) Learning results of student who used flap book better than
student who did not used flap book, it showed by classical completeness by 88%. While the control class
in classical completeness by 68%.Data procured from the pre test and post test t test. Based on the
calculation of independent sample T-Test was no difference in average pre-test score in the experimental
class and pretest values in the control class, while the results of the post test score who used flap book in
the experimental class and the post-test did not used flap book on the control class differences.
Keywords: development of learning tools, books windowless, atmospheric phenomenas

Published
2013-08-23
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 32