ANALISIS POTENSI SEKTOR BASIS EKONOMI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2014 -2018

  • SHINTA MARINDA OKTAVIANI UNESA
  • SRI MURTINI UNESA

Abstract

Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu kota satelit yang memiliki kontribusi sebagai penyangga utama kota Surabaya.Pemerintah Kabupaten Sidoarjo harus mampu memanfaatkan secara maksimal dalam pembangunan ekonomi daerahnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sektor basis potensial yang ada di Kabupaten Sidoarjo dan sektor ekonomi yang memiliki produktivitas tinggi untuk mendukung laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder berasal dari data PDRB Provinsi dan Kabupaten.Teknik analisis data yang digunakan dalam menentukan sektor unggulan di Kabupaten Sidoarjo yaitu Location Quotient (LQ), analisis Shift Share dan Tipologi Klassen untuk mengidentifikasi tingkat laju pertumbuhan ekonomi.

Hasil dari analisis LQ terdapat empat sektor yang dapat disebut sebagai sektor basis di Kabupaten Sidoarjo adalah (1) Sektor Industri Pengolahan, (2) Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, (3) Sektor Kontsruksi, (4) Sektor Transportasi dan Pergudangan. Sektor ekonomi yang memiliki produktivitas tinggi di Kabupaten Sidoarjo berdasarkan analisis Shift Share dan Tipologi Klassen adalah (1) Sektor Jasa Lainnya, (2) Sektor Industri Pengolahan, (3) Sektor Penyedia Akomodasi Makan dan Minum, (4) Sektor Informasi dan Komunikasi, (5) Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi,  (6) Sektor Real Estate.Sektor tersebut memiliki peran besar terhadap PDRB.Sektor tersebut sangat berarti bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo.

Kata Kunci:Location Quotient, Analisis Shift Share, Tipologi Klassen, Sektor Basis.

Published
2021-05-31
Abstract Views: 409