PROYEKSI KETAHANAN PANGAN PADI TERHADAP PERTUMBUHAN JUMLAH PENDUDUK TAHUN 2021 – 2025 DI KABUPATEN GRESIK

  • Lely Badriyah Unesa
  • Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si

Abstract

Abstrak

Peningkatan jumlah penduduk merupakan permasalahan global yang terjadi di setiap wilayah. Seiring pergantian tahun, peningkatan jumlah penduduk dapat mempengaruhi aktivitas manusia, seperti kebutuhan bahan pokok yaitu padi. Kabupaten Gresik mengalami peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya serta mengalami penurunan luas lahan pertanian pada tahun 2017sebesar 2.277,5 ha dan diimbangi peningkatan luas lahan bukan pertanian sebesar 446,5 ha. Tujuan penelitian untuk mengetahui proyeksi pada tahun kedepan meliputi jumlah penduduk, poduksi padi, dan luas lahan pertanian pada seluruh kecamatan di Kabupaten Gresik.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian merupakan unit analisis yang akan diteliti yaitu bahan pangan pokok tanaman padi di wilayah seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik. Data yang digunakan berupa data sekunder berasal dari Dinas Pertanian dan Badan Pusat Statistik (BPS). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan alat bantu Microsoft Exel untuk rumus menghitung jumlah penduduk,prediksi produksi padi, dan luas lahan sawah setiap tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah penduduk di Kecamatan Menganti, Cerme, dan Kedamean yang dipengaruhi oleh kesejahteraan penduduk, perkawinan muda, dan fekunditas. Produksi padi mengalami peningkatan di Kecamatan Wringinanom, Driyorejo, dan Panceng dan penurunan di Kecamatan Kebomas, Bungah, dan Benjeng yang disebabkan oleh sistem irigasi teratur, dosis pupuk sesuai, dan pendidikan petani. Luas lahan sawah juga mengalami peningkatan di Driyorejo, Cerme, dan Bungah dan penurunan di Menganti, Mnayar Benjeng. Penurunan disebabkan oleh LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan) dan lahan tidur.

Kata Kunci: Penduduk, Produksi, dan Lahan

Published
2021-05-31
Abstract Views: 299