EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KEDELAI DI KECAMATAN TIKUNG KABUPATEN LAMONGAN

  • Nur Ain Wakhidah Unesa
  • Nugroho Hari Purnomo Unesa

Abstract

Kedelai merupakan salah satu komoditas pangan yang produktivitasnya rendah di Indonesia. Akan tetapi permintaan masyarakat terhadap kedelai semakin meningkat. Kecamatan Tikung menjadi sentra penghasil kedelai terbesar di Kabupaten Lamongan. Selama 6 tahun terakhir hasil produksi kedelai di Kecamatan Tikung semakin menurun. Salah satu usaha meningkatkan kualitas produksi pertanian Kedelai di Kecamatan Tikung adalah dengan melakukan perencanaan sesuai kemampuan lahan, ketidaksesuaian pengolahan dan penggunaan lahan dilihat dengan hasil panen yang kurang stabil. Perlu mengevaluasi lahan untuk tanaman kedelai di Kecamatan Tikung agar hasil produksi kedelai menjadi maksimal. Tujuannya adalah untuk mengetahui karakteristik lahan dan tingkat kesesuaian lahan kedelai agar produksi kedelai di Kecamatan Tikung dapat meningkat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode Sistem Informasi Geografis (SIG). Populasi yang diambil adalah seluruh lahan yang di wilayah Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Sampel dalam penelitian ini adalah hasil dari tumpeng susun peta jenis tanah, peta kemiringan lereng, dan peta curah hujan yang menghasilkan 12 unit analisis lahan dengan luas unit terkecil 40 hektar. Sumber data berupa data sekunder. Analisis data menggunakan metode analisis spasial dengan teknik matching yang berarti memadukan antara syarat tumbuh kedelai dengan variabel karakteristik lahan Kecamatan Tikung.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Karakteristik lahan untuk pengembangan kedelai di Kecamatan Tikung sangat beragam. Curah hujan mempunyai karakteristik kelas kesesuaian S2 dan N, drainase tanah kelas S1 dan S3, tekstur tanah kelas S1, kedalaman tanah kelas S1, KTK tanah kelas S1, pH tanah kelas S1, dan kemiringan lereng kelas S1, S2, dan S3. 2) Kecamatan Tikung mempunyai 3 kelas kesesuaian lahan untuk tanaman kedelai diantaranya, lahan seluas 1170 Ha(21,3%) dengan kelas kesesuaian S1, lahan seluas 1544 Ha(28,1%) dengan kelas kesesuaian S2, lahan seluas 2759 Ha(50,3%) dengan kelas kesesuaian S3, dan yang sisanya dengan luas 16 Ha(0,30%) menunjukkan tidak ada ada data.

Kata kunci: Kesesuaian lahan, Karakteristik lahan, Kedelai.

Published
2021-05-31
Abstract Views: 355