EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PORANG DI WILAYAH KECAMATAN NGEBEL KABUPATEN PONOROGO

  • Astri Qurota'ayunnina unesa
  • Eko Budiyanto unesa

Abstract

Kecamatan Ngebel memiliki lahan yang cukup luas dan berpotensi untuk pengembangan tanaman porang. Informasi terkait kelas kesesuaian lahan untuk tanaman porang di Kecamatan Ngebel masih sangat terbatas. Pengembangan tanaman porang diharapkan dapat meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Ngebel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daerah yang cocok untuk tumbuh kembang tanaman porang dan pemetaan evaluasi kesesuaian lahan tanaman porang di Kecamatan Ngebel.

Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo menggunakan metode spasial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah Kecamatan Ngebel. Sampel berupa tanah yang diambil dari 8 titik di lokasi. Analisis data dilakukan dengan metode matching jenis arithmatic matching yaitu dengan cara mencocokkan serta mengevaluasi data karakteristik lahan. Teknik pengumpulan data secara sekunder, menganalisis data dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian dan Perikanan Kecamatan Ngebel hasil penelitian dari Departemen Riset Pupuk dan Produk Hayati Kompartemen Riset PT Petrokimia Gresik.

Hasil penelitian menunjukkan lahan di Kecamatan Ngebel untuk tanaman porang menunjukkan tingkat kesesuaian lahan cukup sesuai “S2”. Analisis peta menggunakan software Arcgis bahwa pada tingkat kelas S1 memiliki luas 1733,327 ha, kelas S2 memiliki luas 2153,071 ha, kelas S3 memiliki luas 2115,563 ha, dan kelas N memiliki luas 2,346 ha. Faktor pembatas lahan tanaman porang adalah pH tanah yang memiliki tingkat keaasaman “agak masam”.

Kata kunci : kesesuaian lahan, evaluasi lahan, tanaman porang.

Published
2021-06-11
Abstract Views: 572