HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI DESA BANYUAJUH KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN

  • Helia Septiana Unesa
  • Dra. Sulistinah, M.Pd.

Abstract

Kualitas lingkungan hidup saat ini semakin menurun, seperti yang terjadi di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan dengan keadaan lingkungan yang kotor dan ditemukan tempat-tempat pembuangan sampah liar. Tingkat pendidikan dan pengetahuan lingkungan hidup merupakan faktor yang  mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan, dan hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.

                Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua masyarakat desa Banyuajuh yang telah berumur 15 tahun ke atas. Sampel penelitian berjumlah 103 responden.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Kendall's Tau-b.

                Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai koefisien korelasi adalah 0,626 menunjukan bahwa tingkat hubungannya kuat 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai koefisien korelasi adalah 0,591 menunjukan bahwa tingkat hubungannya sedang.

Kata Kunci: Tingkat pendidikan, Pengetahuan lingkungan, Tingkat partisipasi.

Published
2021-06-17
Abstract Views: 296