Pengembangan Media Kartu Hidrologi untuk Mata Pelajaran Geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer danDampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi di Kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik

  • ARINNATUS SHOFIFAH

Abstract

Pengembangan Media Kartu Hidrologi untuk Mata Pelajaran Geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer dan
Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi di Kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik
Arinnatus Shofifah
Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, Arinnatusshofifah@yahoo.co.id
Dr. Bambang Sigit W, M.Pd
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Abstrak
Seringnya penggunaan metode ceramah dan jarangnya penggunaan media akan membatasi guru
dalam menyampaikan materi. Hal ini akan menyebabkan siswa sulit memahami materi dan cenderung
pasif. Dengan demikian guru memerlukan media yang mampu mewakili materi yang disampaikan dan
mampu mengaktifkan siswa di dalam pembelajaran, salah satunya adalah media kartu hidrologi. Media ini
memuat materi yang luas menjadi singkat, memberikan visualisasi kepada siswa dengan gambar-gambar
yang ada di dalamnya, serta melibatkan secara langsung siswa didalam pembelajaran. Tujuan penelitian
pengembangan ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media kartu hidrologi pada pelajaran geografi,
(2) respon siswa terhadap media kartu hidrologi pada pelajaran geografi, (3) hasil belajar siswa setelah
pembelajaran dengan media kartu hidrologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan
model pengembangan ASSURE, menggunakan desain penelitian quasi eksperimen, analisis data
kelayakan media kartu hidrologi dan respon siswa dianalisis dengan skala Likert, sedangkan hasil belajar
siswa dianalisis dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kelayakan media berdasarkan penilaian
ahli media dari segi penyajian media sebesar 96,67%, penggunaan bahasa sebesar 86,67%. Sedangkan
penilaian ahli pembelajaran dari segi pembuatan silabus sebesar 71,67%, pembuatan RPP sebesar
78,33%, penyajian materi sebesar 74%. (2) Respon siswa terhadap media kartu hidrologi dari segi
penyajian media sebesar 78%, penggunaan bahasa sebesar 73%, penyajian materi sebesar 75%, dan
manfaat media sebesar 75% (3) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan media kartu hidrologi
maupun yang tidak menggunakan media kartu hidrologi menunjukkan adanya peningkatan, hal ini
ditunjukkan dengan uji statistika paired sample T-test nilai pretest dan posttest kelas X.6 dan X.5
diperoleh nilai signifikansi 0,000. Sedangkan berdasarkan uji statistika independen sample T-test untuk
nilai posttest kelas X.6 dan X.5 diperoleh nilai signifikansi 0,042, jika menggunakan =5% (0,05) maka
ditolak dan diterima artinya ada perbedaan nilai posttest kelas X.6 dan X.5. Berdasarkan hasil
tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu hidrologi layak digunakan dalam pembelajaran
geografi pada pokok bahasan hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.
Kata kunci: kelayakan media kartu hidrologi, respon siswa, hasil belajar siswa.
Abstract
Frequent use of lecture method and the lack of use of the media will restrict teachers in
presenting the lesson material. This will lead students to hardly understand difficult material and tend to
be passive. Thus teachers need a media that is able to represent the material submitted and is able to
persuade the students to be active in the study, one of them is the hydrology media card. This media
contains brief explanation of an extensive material, providing visualization to students with pictures in it,
as well as directly involving students in learning process. The objective of this development research is to
determine (1) the eligibility of the hydrology media card on a geography lesson, (2) students' response to
the hydrology media card on a geography lesson, (3) student learning results after learning with the
hydrology media card. This research is a study of R & D with ASSURE development model, using a
quasi-experimental research design, data analysis and student responses on hydrological card media
eligibility were analyzed with a Likert scale, while the results were analyzed by student T test. Results
showed (1) Eligibility of the media assessment by media expert in terms of media representation of
96.67%, language usage by 86.67%. While the expert assessment of learning in terms of making the
syllabus of 71.67%, and 78.33% for RPP-making, presentation of the material by 74%. (2) The response
of students to the hydrology media card in terms of media representation of 78%, language usage by 73%,
the presentation of the material by 75%, and the profit of media by 75% . (3) The results of student who
used the hydrology media card and who used lecture method show a similarity, they both showed an
increase to their result, as shown by the test statistic paired samples T-test pretest and posttest values
class 10th 6 and 10th 5 obtained significance values 0,000. While the statistical test based on independent
sample t-test to post-test values class 10th 6 and 10th 5 result significance value 0.042, if using α = 5%
(0.05) then is rejected and is accepted it mean is there is difference in posttest values in class 10th 6
and 10th 5. Based on these results it can be concluded that the hydrology media card worth to be used in
geography lesson on the subject of the hydrosphere and it’s influence to the living being on earth.
Keywords: hydrological media card eligibility, student response, student learning results.

Published
2013-08-27
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 168