Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya

  • Mas'uliyatul Wasilah Universitas Negeri Surabaya
  • Aida Kurniawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dewasa ini Indonesia sedang giat berkembang pada berbagai bidang. Minimnya lapangan kerja mengakibatkan meningkatnya pengangguran. Sarjana pencari kerja dipandang lebih banyak dibentuk oleh perguruan tinggi Indonesia, hal ini menjadikan masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk mendapatkan upah (BPS, 2019:3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua, tingkat minat berwirausaha mahasiswa, serta mengetahui pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha mahasiswa prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 197 mahasiswa aktif prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya dari angkatan 2017 sampai angkatan 2020 dengan menggunakan metode stratified random sampling. Jenis data yang dipakai pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode survey sebagai metode pengumpulan data dengan instrumen penelitian berupa angket yang disebarkan melalui google form secara daring (dalam jaringan). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis chi square.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kondisi sosial ekonomi orang tua mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya termasuk kategori status sosial ekonomi kelas bawah dengan persentase 53.8% atau 106 mahasiswa. 2) Minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya tinggi dengan persentase 51.33% atau 101 mahasiswa. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya dengan nilai p sebesar 0.000.

Kata Kunci: status sosial ekonomi, minat, wirausaha, mahasiswa

Published
2021-07-09