FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DI JALAN ARTERI KECAMATAN DUDUK SAMPEYAN KABUPATEN GRESIK

  • yuslino faridah Nur Ainy Unesa
  • Dr. Muzayanah S.T., M.T. Unesa

Abstract

Kecamatan Duduk Sampeyan merupakan daerah yang memiliki angka kecelakaan tertinggi di kabupaten Gresik dibandingkan dengan kecamatan yang lain, persentase angka kecelakaan tersebut mencapai 12%  atau 67 kejadian pada tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kecelakaan, menganalisis daerah rawan kecelakaan dan menganalisis faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di ruas jalan arteri Kecamatan Duduk Sampeyan, dan mendeskripsikan dampak kecelakaan.

Jenis penelitian adalah kuantitatif diskripstif. Lokasi penelitian di Jalan Arteri Kecamatan Duduk sampeyan. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 segmen jalan dari ruas jalan ambeng-ambeng sampai ruas jalan pandanan, seluruh populasi diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistika deskriptif untuk menganalisis jenis kecelakaan, menganalisis daerah rawan kecelakaan, menganalisis faktor penyebab kecelakaan dan mendeskripsikan dampak kecelakaan di jalan arteri kecamatan Duduk Sampeyan.

Hasil penelitian ini sebagai berikut 1) Jenis kecelakaan berdasarkan kelas korban didominasi oleh korban luka ringan sebesar 82%. Jenis kecelakaan berdasarkan waktu terjadinya kecelakaan paling sering  terjadi pada waktu pagi hari jam 05.01-09.00 WIB sebesar 26%. Jenis kendaraan yang paling sering terlibat dalam kecelakaan adalah sepeda motor sebesar 59%. 2) Daerah rawan kecelakaan terdapat di Ruas  jalan III, yaitu ruas jalan Duduk Sampeyan-Setrohadi. 3) Faktor penyebab kecelakaan berasal dari kondisi lingkungan jalan dan kelengahan manusia. 4) Dampak kecelakaan berupa rusaknya pembatas jalan, terjadi kemacetan, material kendaraan yang terlibat kecelakaan seperti serpihan kaca dan debu membahayakan pengguna jalan yang lain, kerugian materi dan kehilangan nyawa bagi korban kecelakaan.

Kata Kunci : Kecelakaan, Lalu lintas, Duduk sampeyan

Published
2021-07-09