Analisis Potensi Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk Di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto

  • Leandro Akbar UNESA
  • Wiwik Sri Utami UNESA

Abstract

Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk mengalami penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung sebesar 20,6% dalam 5 tahun terakhir. Penurunan jumlah wisatawan disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah potensi. Jumlah kunjungan wisatawan dapat ditingktkan, namun diperlukan kajian faktor-faktor yang berpengaruh dan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk dan strategi pengembangan yang sesuai untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk. Subjek penelitian adalah wisatawan dan pengelola objek wisata, objek dalam penelitian adalah atraksi, fasilitas pendukung, fasilitas pelengkap, kondisi alam, dan aksesibilitas. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah penskoran dan SWOT.

Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk memiliki kelas potensi sedang. Potensi yang dimiliki objek wisata adalah pemandangan alam yang indah, kebersihan lokasi wisata, kegiatan yang dapat dilakukan, fasilitas wisata, serta keamanan dan keselamatan objek wisata. Strategi yang dapat diterapkan pada Objek Wisata Kampung Organik Brenjonk adalah mendukung strategi pertumbuhan agresif atau growth oriented strategy. Penerapan strategi pertumbuhan agresif pada Objek Wisata Kampung Organik dengan memanfaatkan kekuatan berupa kondisi alam yang bersih dan indah serta peluang berupa fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia pada objek wisata agar dapat menarik minat wisatawan dan menaikan tingkat kunjungannya.

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Potensi Objek Wisata, Wisata Desa, Wisata Organik, SWOT

Published
2021-08-04
Abstract Views: 260