Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Perilaku Penggunaan Jamban Di Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

  • Huda Ismahendra Unesa
  • Dr. Muzayanah S.T., M.T. Unesa

Abstract

Klasifikasi Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo sebagai Desa Swasembada belum tentu menandakan bahwa perilaku penggunaan jamban seluruh masyarakatnya sudah baik. Beberapa masyarakat masih buang air besar di sungai. Hasil prasurvey diketahui bahwa 8 responden melakukan buang air besar di sungai. Terdapat 47 jamban helikopter yang tersebar di desa tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis 1) Pengetahuan masyarakat terhadap perilaku penggunaan jamban, 2) Sikap masyarakat terhadap perilaku penggunaan jamban.

Pengambilan data dengan survei cross sectional. Populasi yang digunakan dibagi menjadi dua yaitu rumah warga yang memiliki jamban, sebanyak 864 rumah dan rumah warga yang tidak memiliki jamban, sebanyak 107 rumah. Besarnya sampel dihitung dengan rumus Slovin, didapatkan 90 sampel untuk responden yang memiliki jamban dan 52 sampel untuk responden yang tidak memiliki jamban. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square serta uji koefisien kontingensi.

Hasil analisis data menunjukkan 1) Pengetahuan masyarakat yang memiliki jamban berada dalam kategori “di atas rata-rata”. Rata-rata nilai skor responden di atas 18.38. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan masyarakat yang memiliki jamban terhadap perilaku penggunaan jamban (ρ-value=0.000) dengan koefisien korelasi sebesar 0.408, sedangkan pengetahuan masyarakat yang tidak memiliki jamban berada dalam kategori “di bawah rata-rata”. Rata-rata nilai skor responden di bawah 10.42. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan masyarakat yang tidak memiliki jamban terhadap perilaku penggunaan jamban (ρ-value=0.000) dengan koefisien korelasi sebesar 0,470. 2) Sikap masyarakat yang memiliki jamban berada dalam kategori “di atas rata-rata”. Rata-rata nilai skor responden di atas 24.80. Terdapat hubungan antara sikap masyarakat yang memiliki jamban terhadap perilaku penggunaan jamban (ρ-value=0.000) dengan koefisien korelasi sebesar 0.575, sedangkan sikap masyarakat yang tidak memiliki jamban berada dalam kategori “di bawah rata-rata”. Rata-rata nilai skor responden di bawah 20.04. Terdapat hubungan antara sikap masyarakat yang tidak memiliki jamban terhadap perilaku penggunaan jamban (ρ-value=0.017) dengan koefisien korelasi sebesar 0.348.

Kata Kunci: penggunaan jamban, pengetahuan, sikap, perilaku.

 

Published
2021-08-04
Abstract Views: 235