STUDI PENYEBAB PERBEDAAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN OBJEK WISATA ALAM AIR TERJUN TRETES DAN AIR TERJUN WATUONDO DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA RADEN SOERJO

  • Mega Meiwa Sari Supriyono Unesa
  • Agus Sutedjo Unesa

Abstract

Abstrak 

Objek Wisata Alam Air Terjun Tretes di Kabupaten Jombang dan Air Terjun Watuondo di Kabupaten Mojokerto merupakan perwujudan dari blok pemanfaatan kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Menurut data jumlah kunjungan dari tahun 2016 hingga 2020, terdapat perbedaan jumlah pengunjung dimana Air Terjun Watuondo mencapai 94.978 dan Air Terjun Tretes mencapai 35.285 dalam kurun 5 tahun terakhir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perbedaan tingkat daya tarik, 2) perbedaan tingkat aksesibilitas, 3) perbedaan tingkat kondisi fasilitas penunjang, 4) perbedaan motivasi wisatawan yang berkunjung dan, 5) promosi yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Air Terjun Tretes dan Watuondo.

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pemaparan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan datanya yakni teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 30 responden untuk Air Terjun Tretes dan 70 responden untuk Air Terjun Watuondo, serta 2 pengelola objek wisata alam tersebut. Teknik pengumpulan data yakni: 1) wawancara untuk memperoleh data promosi dari pengelola, 2) kuisoner untuk memperoleh data mengenai daya tarik wisata, aksesibilitas, fasilitas penunjang dan motivasi wisata dari wisatawan, dan 3) dokumentasi berupa data jumlah pengunjung masing-masing objek wisata dalam 5 tahun terakhir dan juga data gambar keadaan yang berkaitan dengan objek wisata. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dan Skoring.

 Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan daya tarik wisata antara Air Terjun Tretes dan Air Terjun Watuondo, 2) terdapat perbedaan aksesibilitas wisata antara Air Terjun Tretes dan Air Terjun Watuondo, dimana aksesibilitas di Watuondo lebih baik, 3) terdapat perbedaan fasilitas penunjang antara Air Terjun Tretes dan Air Terjun Watuondo, dimana fasilitas penunjang di Watuondo lebih baik, 4) tidak terdapat perbedaan motivasi wisatawan antara Air Terjun Tretes dan Air Terjun Watuondo, 5) promosi Air Terjun Tretes dan Air Terjun Watuondo tergolong dalam kategori baik.

Kata Kunci: air terjun, daya tarik wisata, aksesibilitas, fasilitas penunjang, motivasi wisatawan, promosi

Published
2021-08-10
Abstract Views: 177