PERUBAHAN PERILAKU DAN STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT KAMPUNG TANGGUH TERHADAP PANDEMI COVID-19 DI DESA JATIKALEN KECAMATAN JATIKALEN KABUPATEN NGANJUK

  • defri abiyan ayu fadhilah unesa
  • Dian Ayu Larasati unesa

Abstract

Abstrak

Provinsi Jawa Timur menempati peringkat ke 2 yang masyarakatnya banyak terdampak virus Corona. Kabupaten Nganjuk dengan jumlah penduduk 1,017,030 jiwa yang berpotensi menyebabkan penularan virus corona sangat besar. Menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk terdapat satu kecamatan dengan kasus Covid-19 hanya berjumlah 8 jiwa, yaitu Kecamatan Jatikalen. Penelitian ini bertujuanengetahui 1) Faktor yang memengaruhi Desa Jatikalen tidak terdampak Covid-19. 2) Perubahan perilaku dan strategi adaptasi sosial ekonomi Masyarakat Kampung Tangguh di Desa Jatikalen Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitain di Desa Jatikalen Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor-faktor yang menyebabkan Desa Jatikalen tidak terdampak covid 19 adalah pola keruangan pemukiman penduduk desa Jatikalen yang sulit dijangkau dan minimnya mobilitas penduduk kontak dengan wilayah lain serta kepadatan hunian penduduknya. 2) Perubahan perilaku warga Desa Jatikalen untuk mencegah pandemi Covid-19 sebagai berikut: selalu menggunakan masker ketika berada diluar rumah, memberlakukan sosial distancing dan dirumah saja, selalu cuci tangan dan membawa handsanitizer, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, adanya posko Covid-19 di Balai Desa, berjemur dan membuat ramuan herbal secara rutin untuk menjaga imunitas tubuh. Strategi adaptasi dalam mempertahankan kondisi ekonomi agar tetap stabil yaitu dengan meminimalisir pengeluaran kebutuhan, alternatif subsistensi dengan melakukan pekerjaan lain di luar pekerjaan utamanya dan memanfaatkan relasi yang dimiliki.

Kata Kunci: Covid-19, strategi adaptasi, perubahan perilaku

Published
2021-08-11
Abstract Views: 106