PENERAPAN KONSEP COMMUNITY BASED TOURISM (CBT)DALAM PENGELOLAAN WISATA PANTAI PULAU MERAH DI DESA SUMBERAGNG, KECAMATAN PASANGGARAN, KABUPATEN BANYUWANGI

Community Based Tourism (CBT), wisata, penerapan, pengelolaan, pengembangan

  • Agung Nugroho Trilaksono UNESA
  • Agus Sutedjo UNESA

Abstract

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu pantai yang menerapkan konsep Community Based Tourism (CBT) pengelolaannya dilakukan oleh kelompok masyarakat. Namun, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir tejadi penurunan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan prinsip Community Based Torism (CBT) dalam aspek sosial, ekonomi, budaya serta lingkungan 2) upaya pengembangan yang dilakukan masyarakat 3) keseuaian pengelolaan Wisata Pantai Pulau Merah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Wisata Pantai Pulau Merah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan cara menganalisis data hasil wawancara. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dengan cara menganalisis data hasil wawancara mendalam dengan pihak pengelola dan masyarakat sekitar tentang upaya pengembangan objek wisata, penerapan prinsip Community Based Tourism (CBT) dalam aspek sosial, ekonomi, budaya serta lingkungan di Wisata Pantai Pulau Merah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan konsep Community Based Taoursm (CBT) dari aspek ekonomi Wisata Pantai Pulau Merah ini telah mampu memanfaatkan dana biaya retribusi yang yang dibayarkan pengunjung untuk pengembangan tempat wisata. Aspek sosial di Wisata Pantai Pulau Merah telah diterapkan dengan tidak membedakan gender dan umur. Aspek budaya masih belum diterapkan sebab, tidak ada atraksi budaya yang ditampilkan kepada pengunjung seperti pagelaran seni ataupun hasil karya yang khas. Aspek lingkungan sudah sesuai dengan prinsip lingkungan dalam Community Based Tourism (CBT) yakni adanya kebijakan bahwa seluruh pedagang, warung atau masyarakat wajib membersihkan Pantai Pulau Merah sepanjang 3 kilometer. Upaya pengembangan yang dilakukan masyarakat kurang maksimal karena rendahnya tingkat pendidikan di Desa Sumberagung. Kesesuaian pengelolahan wisata sudah sesuai dengan kriteria Community Based Tourism (CBT) secara fisik objek wisata masih terpelihara keasliannya dan penanganan sampah yang ada di lokasi wisata dapat dikatakan baik.

Published
2021-08-24
Abstract Views: 277