ANALISIS POTENSI WISATA AIR TERJUN SINGOKROMO DESA NGLIMAN KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK

  • USWATUN CHASANAH Unesa
  • Bambang Sigit Widodo Unesa

Abstract

Abstrak

Jumlah kunjungan wisatawan di Wisata Air Terjun Singokromo masih rendah dibanding dengan wisata yang serupa. Pada tahun 2020 juga terjadi penurunan jumlah wisatawan yang cukup drastis yaitu 59.75% dari tahun sebelumnya akibat kebijakan terkait pandemic Covid-19. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang membuka kembali pariwisata, pengelola Wisata Air Terjun Singokromo berupaya melakukan pengembangan wisata guna mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berwisata dengan aman dan nyaman sehingga jumlah kunjungan wisatawan dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Wisata Air Terjun Singokromo dan strategi pengembangan Wisata Air Terjun Singokromo.

Jenis penelitian adalah penelitian survei. Lokasi penelitian berada di Kawasan Wana Wisata Air Terjun Singokormo Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Subyek penelitian adalah Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Jaya Makmur Jaya Makmur, Ketua Pengelola Wisata Air Terjun Singokromo, Anggota Pengelola Wisata Air Terjun Singokromo, dan Pemilik warung (masyarakat Desa Ngliman) di sekitar lokasi Wisata Air Terjun Singokromo. Objek pada penelitian merujuk pada pendapat subjek tentang potensi dan strategi pengembangan wisata. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskiptif kualitatif dan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Potensi wisata yang meliputi lokasi, jarak, topografi, luas, flora fauna, sosial budaya masyarakat Desa Ngliman, ketersediaan fasilitas dan infrastruktur Wisata Air Terjun Singokromo secara keseluruhan merupakan faktor yang mendukung pengembangan wisata Air Terjun Singokromo. 2) Wisata Air Terjun terletak di kuadran 1 (growth oriented strategi) pada analisis SWOT. Strategi prioritas yang sesuai dengan kuadran 1 adalah strategi S-O (Strengths-Opportunities) yaitu mempertahankan kekuatan dan memaksimalkan peluang.

Kata Kunci: Air Terjun Singokromo, Potensi Wisata, Pengembangan Wisata.

Abstract

The number of tourist visits at Singokromo Waterfall is still low compared to similar tours. In 2020 there was also a drastic decrease in the number of tourists, namely 59.75% from the previous year due to policies related to the Covid-19 pandemic. Along with the government's policy of reopening tourism, the manager of Singokromo Waterfall is trying to develop tourism in order to restore and increase public confidence to travel safely and comfortably so that the number of tourist visits can increase. This study aims to determine the potential of Singokromo Waterfall Tourism and development strategies for Singokromo Waterfall Tourism.

The type of research is survey research. The research location is in the Singokormo Waterfall Wana Tourism Area, Ngliman Village, Sawahan District, Nganjuk Regency. The subjects of the research were the Chairperson of LMDH Jaya Makmur, the Chairperson of the Singokromo Waterfall Tourism Manager, Members of the Singokromo Waterfall Tourism Manager, and the owner of the stall (Ngliman Village community) around the Singokromo Waterfall Tourism location. The object of the research refers to the subject's opinion about the potential and strategy of tourism development. Data collection techniques using observation, documentation and interviews. The data analysis technique used qualitative descriptive analysis techniques and SWOT analysis.

The results showed that: 1) The tourism potential which includes location, distance, topography, area, flora and fauna, socio-cultural community of Ngliman Village, the availability of facilities and infrastructure for Singokromo Waterfall tourism as a whole are factors that support the development of Singokromo Waterfall tourism. 2) Waterfall Tourism is located in quadrant 1 (growth oriented strategy) in the SWOT analysis. The priority strategy in accordance with quadrant 1 is the S-O (Strengths-Opportunities) strategy, namely maintaining strengths and maximizing opportunities

Keywords: Singokromo Waterfall, Tourism Potential, Tourism Development.

Published
2021-09-21
Abstract Views: 490