Kontribusi Usahatani Tomat Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Lingkungan Sambikerep, Surabaya

  • Rizky Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pemanfaatan lahan dalam mendukung aspek ekonomi merupakan suatu kajian dalam geografi pertanian. Kecamatan Sambikerep merupakan wilayah Sub-Urban yang mendukung pusat Kota Surabaya dengan memasok pangan serta memanfaatkan ruang terbuka hijau sebagai lahan produktif. Hasil produktivitas tertinggi di Kota Surabaya berada di Sambikerep dengan hasil komoditas sayuran tomat. Pesatnya pembangunan Kota Surabaya mengalihkan aktivitas ekonomi masyarakat setempat ke sektor perdagangan dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur 1) Pendapatan usahatani tomat dan total pendapatan rumah tangga petani di lingkungan Sambikerep Kota Surabaya, 2) Kontribusi usahatani tomat.
Metode penelitian yang digunakan yakni jenis deskriptif analitis dengan melakukan observasi pada suatu kelompok tani. Penelitian dilakukan di lingkungan Sambikerep Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi, observasi secara langsung, wawancara mendalam serta dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yakni rumah tangga petani tomat dari kelompok tani Sendang Biru yang memiliki 20 petani yang dijadikan responden dalam penelitian. Objek dalam penelitian adalah dampak aspek ekonomi pasca panen sayuran tomat yang meliputi pendapatan rumah tangga dan kontribusi terhadap akumulasi pendapatan rumah tangga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendapatan petani yang diperoleh dari hasil usahatani sayuran tomat di Lingkungan Sambikerep Kota Surabaya adalah sebesar Rp. 1.079.120,- /musim per luas lahan 0,08 hektar sedangkan total pendapatan rumah tangga petani diperoleh dari sektor pertanian dan non pertanian sebesar Rp. 4.596.620,-; 2) Kontribusi pendapatan usahatani sayuran tomat terhadap total pendapatan rumah tangga di Lingkungan Sambikerep Kota Surabaya sebesar 23,48%.
Kata Kunci: Analisis pendapatan, usaha tomat, kontribusi pendapatan

Published
2021-09-27
Abstract Views: 179