Keefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Georafi di Kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek

  • Chintya Indraswari Putri UNESA
  • Wiwik Sri Utami UNESA

Abstract

Abstrak

Pendidikan berperan dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan masa depan. Dunia sedang dihadapkan dengan tantangan Covid-19. Kondisi ini dihadapi seluruh pembelajaran di Indonesia termasuk di Kabupaten Trenggalek beralih menggunakan sistem pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran efektifitas pembelajaran daring serta faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning moodle pada mata pelajaran geografi di kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek berjumlah 35 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring mata pelajaran geografi adalah efektif dengan persentase 74,67%, dimana pembelajaran daring berhasil mencapai tujuan belajar peserta didik sebagaimana yang diharapkan guru. Efektifitas pembelajaran daring dilihat dari proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berupa ulangan harian. Proses pembelajaran merujuk pada kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran. Hambatan peserta didik dalam pembelajaran daring mata pelajaran geografi adalah pada diri peserta didik berkaitan dengan kesehatan jasmani. Hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran daring adalah perbedaan sudut pandang antara guru dan peserta didik dalam mengartikan banyaknya tugas yang diberikan. Hambatan pembelajaran daring dapat diatasi dengan mendesain ulang pembelajaran menggunakan cara-cara yang berbeda sehingga peserta didik dapat memahami materi dari pembelajaran daring.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Geografi, E-learning moodle, Efektifitas, Faktor Penghambat.

Published
2021-10-16
Abstract Views: 152