PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 18 SURABAYA

  • Sayyidati Zahro'a Bi Nabila UNESA
  • Sukma Perdana Prasetya UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Kondisi pandemi menghambat jalannya proses pembelajaran yang sudah direncanakan sebelumnya, sehingga metode pembelajaran baru yang lebih sesuai dengan kondisi pandemi sangat diperlukan. Hasil pra survey menunjukkan terhambatnya pembelajaran tatap muka langsung mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa sebesar 30%. E-learning yang dilakukan SMAN 18 Surabaya dilakukan melalui beberapa platform pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian mengenai pembelajaran berbasis e-learning ini adalah untuk mengetahui 1) Penerapan pembelajaran e-learning di SMAN 18 Surabaya 2) Efektifitas penerapan pembelajaran berbasis e-learning di sekolah tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode expost facto dalam mengkaji permasalahan yang ada. Penelitian expost facto merupakan penelitian yang berdasarkan pada kejadian yang telah lalu. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan quisioner terbuka untuk mendapat informasi mendalam dari responden. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebnayak 36 siswa dari kelas XII IPS 2. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran berbasis e-learning di SMAN 18 Surabaya telah berjalan lancar, pembelajaran dilaksanakan melalui beberapa aplikasi pembalajaran seperti Microsoft Teams 365 dan google class. Materi disajikan dalam bentuk power point atau kuis dan ditampilkan setiap pertemuan sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal. 2) Pembelajaran e-learning sudah sesuai diterapkan di SMAN 18 Surabaya khususnya di kelas peminatan ilmu sosial. Hal ini dapat diperoleh dari 75% siswa antusias dan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran serta adanya peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran berbasis e-learning dilaksanakan.

Kata Kunci: e learning, pembelajaran, pandemi

Published
2021-11-22
Abstract Views: 124