PEMETAAN TINGKAT KERAWANAN PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KABUPATEN JEMBER

  • Lailatul Muzdalifah Unesa
  • Ita Mardiani Zain Unesa

Abstract

Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah terdampak pandemi Covid-19 dari sekian banyak kabupaten/kota di Indonesia yang juga terdampak. Pada tanggal 1 Desember 2020, Kabupaten Jember masuk dalam deretan wilayah dengan status zona merah Covid-19. Pergerakan grafik kasus Covid-19 yang fluktuatif menempatkan Kabupaten Jember pada kondisi yang tidak stabil. Tujuan penelitian ini adalah memetakan pemetaan tingkat kerawanan pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Jember berdasarkan gabungan parameter yang menjadi faktor penyebaran penularan Covid-19.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi. Penskoran dan Tumpang Susun digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Analisis data spasial dan data atribut dari parameter tingkat kerawanan covid-19 dilakukan berbasis Sistem Informasi Geografis.

Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kerawanan pandemi Covid-19 dengan metode overlay dan skoring di Kabupaten Jember pada tahun 2021 terbagi atas tiga kelas yaitu  daerah dengan tingkat kerawanan rendah (23%),  daerah dengan tingkat kerawanan sedang (36%), serta daerah dengan tingkat kerawanan tinggi (41%).

Kata kunci : Pemetaan, Covid-19, Sistem Informasi Geografis.

Published
2021-11-23
Abstract Views: 97