Penggunaan Media Pembelajaran Simulasi Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Pada Kelas XI IPS

  • Batara Fathir Suprianto Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran geografi di kelas seringkali mengalami hambatan dikarenakan kurangnya minat siswa dalam memahami materi yang berakibat pada hasil belajar. Diperlukan media pembelajaran yang menarik minat siswa dalam mempelajari mitigasi bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kelayakan media simulasi erosi tanah 2) Respon siswa terhadap media pembelajaran simulasi erosi tanah pada materi mitigasi bencana alam

Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari perpustakaan seperti buku, koran, jurnal, maupun dokumen-dokumen lainnya tentang media pembelajaran simulasi. Penelitian ini melalui tahapan pengumpulan dan analisis jurnal terkait yang diperoleh dari penelusuran web google scholar dan sciancedirect. Hasil berbagai literatur ini akan digunakan untuk analisis penggunaan media pembelajaran simulasi dengan subjek mitigasi erosi pada siswa kelas XI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media Simulasi Erosi tanah yang telah dikembangkan mendapat penilaian kelayakan oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata nilai 85% dan dari ahli materi 81,7%, maka skor rata-rata yang diperoleh dari kedua validator sebesar 83,35% dikategorikan “sangat layak”. 2) Respon siswa terhadap media Simulasi Erosi tanah memperoleh nilai rata-rata 83% termasuk dalam kategori “sangat layak”.

Kata Kunci: Media pembelajaran simulasi, kelayakan media, respon siswa, hasil belajar

 

Published
2021-12-01
Abstract Views: 114