PERSEPSI WISATAWAN GENERASI Z TERHADAP DAYA TARIK ATRAKSI WISATA SWAFOTO DI AIR TERJUN SRAMBANG KABUPATEN NGAWI

  • Armeliya Eka Yuliana Unesa
  • Sri Murtini Unesa

Abstract

Tren wisata swafoto beberapa tahun terakhir sangat digemari oleh wisatawan. Seiring berjalannya waktu akan terjadi pergeseran tren di dunia pariwisata. Air Terjun Srambang yang merupakan objek wisata berkonsep swafoto perlu mengantisipasi pergeseran tren tersebut karena dampak yang ditimbulkan akan berpengaruh pada minat kunjungan wisatawan ke Air Terjun Srambang di masa depan, sehingga perlu dilakukan kajian mendalam agar atraksi wisata swafoto di Air Terjun Srambang memiliki keberlanjutan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) motivasi wisatawan generasi Z berkunjung ke objek wisata Air Terjun Srambang, 2) persepsi wisatawan generasi Z terhadap daya tarik atraksi wisata swafoto yang terdapat di Air Terjun Srambang.

 Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan  menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan generasi Z yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Srambang Kabupaten Ngawi. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sampel  didapat sejumlah 100 wisatawan. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan teknik: 1) Observasi untuk mengamati kondisi fisik atraksi wisata swafoto, 2) Kuesioner untuk memperoleh data mengenai motivasi dan persepsi wisatawan generasi Z, 3) Dokumentasi berupa data jumlah pengunjung Air Terjun Srambang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skoring dengan Skala Likert.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) wisatawan generasi Z memiliki motivasi yang tinggi dalam berkunjung ke objek wisata Air Terjun Srambang. Adapun motivasi fisik menjadi motivasi yang dominan dilipih wisatawan generasi Z seperti melakukan relaksasi, menjaga kesehatan, melakukan kegiatan olahraga, dan mencari kenyamanan. 2) persepsi yang dimiliki wisatawan generasi Z terhadap daya tarik atraksi wisata swafoto di Air Terjun Srambang dalam kategori baik, akan tetapi tingkat keunikan dan keorisinilan atraksi wisata swafoto perlu ditingkatkan.

Kata Kunci: Persepsi Wisatawan, Generasi Z, Atraksi Swafoto.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 315