Dampak Pertambangan Pasir Batu Terhadap Perubahan Lingkungan dan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Temoran Kecamatan Omben Kabupaten Sampang

  • Asiyatul Karimah Unesa
  • Dr. Rindawati, M.Si. Unesa

Abstract

Kecamatan Omben mempunyai sumber daya mineral dalam bentuk pasir yang terdapat di Desa Temoran tepatnya di Dusun Dajah. Luas penggalian sudah mencapai 3 hektare. Sumber daya pasir digunakan sebagai bahan utama bangunan sehingga dapat memberikan keuntungan dalam hal ekonomi yang ada di Kecamatan Temoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan dampak pertambangan pasir batu terhadap lingkungan dan kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Temoran.

Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian diadakan di Desa Temoran Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Teknik probability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel dengan menerapkan metode simple (sederhana) random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pemberian kuisioner, dan dokumentasi sampel sebanyak 100 responden. Penggunaan Rumus Slovin untuk membatasi jumlah responden yang diperlukan dalam penelitian.

Hasil penelitian dampak pertambangan pasir batu dalam perubahan kondisi lingkungan di Desa Temoran berdasarkan foto citra yang diambil dari google earth tahun 2021 adalah perubahan yang terjadi secara signifikan dari tahun 2013 sampai tahun 2020 dan tanggapan responden terhadap perubahan lingkungan termasuk ke dalam kategori dampak kelas 1 (tinggi). Dampak pertambangan pasir batu dalam perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Temoran berdasarkan penelitian survei, penghasilan masyarakat menjadi lebih meningkat dengan adanya pertambangan pasir batu sehingga kehidupan sosial menjadi lebih baik dan tanggapan responden terhadap kondisi sosial ekonomi termasuk ke dalam kategori dampak kelas 1 (tinggi).

Kata Kunci: dampak, pertambangan pasir batu, lingkungan, sosial ekonomi.

Published
2021-12-10
Abstract Views: 88