HUBUNGAN PERSEPSI KAMPUNG TEMATIK TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI DESA PONOKAWAN KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Muhammad Bagus Setiabudi Unesa
  • Dian Ayu Larasati Unesa

Abstract

Kualitas lingkungan dapat dijadikan salah satu indikator yang digunakan untuk mengetahui dan menilai tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah program kampung tematik berbasis lingkungan. Kampung tematik berbasis lingkungan ini terletak di Desa Ponokawan menjadi salah satu kampung tematik yang masih aktif di Kecamatan Krian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi masyarakat mengenai program kampung tematik terhadap tingkat partisipasi masyarakat terkait permasalahan lingkungan akan timbunan sampah.

Metode yang digunakan yakni metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdiri dari 51 responden dengan menggunakan teknik analisis univariat dan bivariat dalam mengolah atau menganalisis data.  Pengujian melalui uji Chi-Square dengan uji koefisien kontingensi digunakan dalam menganalisis data angket penelitian.                                                          

Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa persepsi kampung tematik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai ρ-value (0.039 < 0.05) dan koefisien korelasi (contingency coefficient) 0.312. Berdasarkan hasil tersebut dapat menjadi indikator bahwa program kampung tematik mencapai suatu keberhasilan dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung terkait akan kebersihan lingkungan sekitar.

Kata Kunci: persepsi, lingkungan, partisipasi.

Published
2021-12-10
Abstract Views: 94