KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ETNOPEDAGOGIS DI SMA NEGERI 3 KEDIRI PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Mohammad Irfan Wachid Abuhalis Unesa
  • Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. Unesa

Abstract

Abstrak

Etnopedagogis merupakan pembelajaran yang berfokus kepada penanaman nilai kebudayaan kearifan lokal. Nilai siswa kelas XI IPS tidak memenuhi KKM yang telah ditetapkan yakni 75 ada 41 siswa atau 67%. Etnopedagogis di SMAN 3 Kediri perlu diterapkan dengan berbagai macam media ataupun strategi pembelajaran inovatif yang dapat membuat perhatian siswa lebih tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Efektifitas media video pembelajaran Etnopedagogis 2) Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran Etnopedagogis

Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Metode pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) KD 3.5 Kelas XI IPS 1 dan 2 bab Kearifan Lokal. Sampel dipilih dengan total berjumlah 61 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk angket kuisioner meliputi pemahaman siswa, respon siswa dan minat siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan penyajian berbentuk grafik persentase dan tabel

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media video pembelajaran Etnopedagogis yang telah dikembangkan mendapat nilai kelayakan oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata nilai 4,5 dikategorikan sangat layak 2) Respon siswa terhadap media video pembelajaran Etnopedagogis memperoleh nilai rata-rata 50,8% setuju bahwa media video pembelajaran dapat menjadi sarana lain sebagai pemicu meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, dan 49.2% peserta didik juga merasa cukup berpengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran video Etnopedagogis.

Kata Kunci: Covid-19, Media Pembelajaran, Video Etnopedagogis, Kearifan Lokal, Minat Siswa, Model ADDIE

 

Abstract

Ethnopedagogy is learning that focuses on inculcating the cultural values of local wisdom. The grade XI IPS students did not meet the predetermined KKM, namely 75 there were 41 students or 67%. Ethnopedagogy at SMAN 3 Kediri needs to be applied with a variety of media or innovative learning strategies that can make students' attention more interested. This study aims to describe 1) the effectiveness of the Ethnopedagogical learning video media 2) The success of the implementation of learning using Ethnopedagogical learning videos

The type of research used is R&D (Research and Development). The development method uses the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) KD 3.5 Class XI IPS 1 and 2 chapters of Local Wisdom. The sample was selected with a total of 61 students. The data collection technique used in the form of a questionnaire includes student understanding, student responses and student interests. The data analysis used is descriptive with presentation in the form of percentage graphs and tables

The results showed that 1) Ethnopedagogical learning video media that had been developed received a feasibility score by learning media experts with an average value of 4.5 categorized as very feasible 2) Student responses to Ethnopedagogical learning video media obtained an average value of 50.8% agree that learning video media can be another means as a trigger for increasing students' understanding of the material presented, and 49.2% of students also feel quite influential on the use of ethnopedagogical video learning media..

Keywords : Covid-19, Learning Media, Ethnopedagogic Videos, Local Wisdom, Student Interest, ADDIE Model

Published
2022-01-18
Abstract Views: 109