PERSEPSI PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP EFEKTIVITAS TRANSPORTASI DI KABUPATEN GRESIK

USER PERCEPTION OF ONLINE TRANSPORTATION ON THE EFFECTIVENESS OF TRANSPORTATION IN GRESIK DISTRICT

  • Khrisna Juliaffajar Rohadi UNESA
  • Dr. Sri Murtini, M.Si. UNESA

Abstract

Kabupaten Gresik secara administrasi berbatasan dengan Kota Surabaya. Kabupaten Gresik berbatasan langsung dengan Kota Surabaya yang padat penduduk, hal tersebut menyebabkan tingginya aktivitas transportasi di Kota Surabaya sebesar 10,91 % di Provinsi Jawa Timur yang berdampak pada aktivitas transportasi di Kabupaten Gresik. Pembatasan sarana dan prasana di terminal transportasi umum dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19 membuat masyarakat memilih transportasi yang bersifat pribadi dan bisa menambah kepadatan jalan di Kabupaten Gresik. Efektivitas transportasi di Kabupaten Gresik dapat dipengaruhi oleh kepadatan jalan. Transportasi online yang berkembang merupakan kemajuan inovasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif transportasi di Kabupaten Gresik guna menambah efektivitas transportasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui mengetahui seberapa besar persepsi pengguna transportasi online terhadap evektivitas transportasi di Kabupaten Gresik.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian terdiri dari masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Gresik yang menggunakan transportasi online. Sampel yang digunakan dalam survei ini terdiri dari 65 responden yang ditentukan dengan metode accidental sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

Persepsi pengguna transportasi online di Kabupaten Gresik menunjukkan Waktu tempuh penjemputan pesanan 49 % dan waktu tempuh pengantaran pesanan 57 % dengan kategori cepat. Daya jangkau penjemputan pesanan 59 % dan daya jangkau pengantaran pesanan 48 % dikategorikan terjangkau. Kenyamanan pada pelayanan 48 % dan kenyamanan pada kendaraan 55 % dikategorikan nyaman. Tarif perajalanan dekat 60 % dan tarif perjalanan jauh 44 % dikategorikan murah.

Published
2022-04-08
Abstract View: 29