RESPON SISWA XI IPS TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 MEJAYAN

  • Adelia Destriana Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran secara online merupakan usaha pemerintah dalam menghadapi pandemi covid-19 pada bidang pendidikan. Pembelajaran online dapat diterapkan menggunakan Google Classroom yang memiliki banyak kelebihan dari segi kemudahan dalam pengoperasiannya serta dapat diaplikasikan pada pelajaran geografi di tingkat SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon yang diberikan siswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran online pada pelajaran geografi, dan apakah Google Classroom dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang efektif bagi siswa sebagai media pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19 terutama pada pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Mejayan.

Jenis penelitian yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian yaitu 92 siswa XI IPS SMA Negeri 2 Mejayan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup disebar secara online melalui Google Form. teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk presentase.

Hasil analisis data dalam penelitian menyatakan bahwa pembelajaran geografi menggunakan Google Classroom memperoleh respon yang positif dari siswa kelas XI IPS dengan hasil skor rerata siswa yaitu 69,016 yang tergolong kategori positif sehingga Google Classroom dianggap dapat membantu dalam pembelajaran secara online dan efektif apabila digunakan sebagai media pembelajaran online terutama pada pelajaran geografi.

  Kata Kunci : Media Pembelajaran Online , Respon siswa, Google Classroom , Pelajaran Geografi..

 

 

Abstract

Online learning is a government effort in dealing with the COVID-19 pandemic in the education sector. Online learning can be applied using Google Classroom which has many advantages in terms of ease of operation and can be applied to geography lessons at the high school level. The purpose of this study was to find out how the response given by students to the use of Google Classroom as an online learning medium in geography lessons, and whether Google Classroom can help create an effective learning environment for students as an online learning medium during the Covid-19 pandemic, especially in geography lessons at SMA Negeri 2 Mejayan.

This type of research used descriptive analysis with a quantitative approach. The sample in this study was 92 students of XI IPS SMA Negeri 2 Mejayan. The sampling technique used was total sampling technique. Data collection techniques using closed questionnaires distributed online via Google Form. data analysis techniques using descriptive analysis in the form of percentages.

The results of data analysis in the study stated that learning geography using Google Classroom received a positive response from class XI IPS students with the average student score of 69,016 belonging to the positive category so that Google Classroom was considered to be able to help in online learning and was effective when used as an online learning medium. especially in geography.

Keywords: Online Learning Media, Student Response, Google Classroom, Geography Lessons

Published
2022-04-25
Abstract View: 22