DAMPAK BANJIR TERHADAP PERMUKIMAN DI KELURAHAN KALIREJO KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN

  • Muhammad Syahidin Syahidin Unesa
  • Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si. Unesa

Abstract

Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu daerah yang rawan banjir, salah satu wilayahnya yakni di Kelurahan Kalirejo yang mengalami kejadian banjir besar sebanyak 24 kali dalam kurun waktu antara tahun 2010-2020, hal ini berdasar dari data BPBD Kabupaten Pasuruan tahun 2021 dan hasil keterangan warga Kelurahan Kalirejo. Banjir yang terjadi akibat luapan sungai Wrati dan sungai Kedunglarangan. Bencana banjir sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakat baik berupa kerugian materil maupun non materil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Dampak inundasi bencana banjir di Kelurahan Kalirejo dan 2) Tingkat dampak banjir terhadap permukiman di Kelurahan Kalirejo Kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan.

Penelitian ini di lakukan di Kelurahan Kalirejo dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah masyarakat yang terdampak banjir dengan populasi sebanyak 1.879 penduduk diperoleh sampel sebanyak 100 responden dilakukan dengan pengambilan sample secara random sampling. Teknik pengumpulan data dampak inundasi bencana banjir dan data tingkat dampak banjir diperoleh dengan penyebaran kuisioner. Analisis data dampak inundasi bencana banjir dengan mengelompokkan hasil jawaban responden berdasarkan dampak sosial dan dampak ekonomi yang dialami, sedangkan tingkat dampak banjir dengan perhitungan skoring yakni nilai skor 1 tergolong rendah, nilai skor 2 tergolong sedang, dan nilai skor 3 tergolong tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Dampak inundasi bencana banjir di Kelurahan Kalirejo untuk dampak sosial paling banyak responden menjawab yakni akses jalan terputus sebanyak 45 responden dan dampak ekonomi paling banyak responden menjawab yakni biaya perbaikan alat elektronik rusak sebanyak 46 responden. 2) Tingkat dampak banjir terhadap permukiman di Kelurahan Kalirejo dari perhitungan skoring diperoleh hasil jumlah skor 5 yang merupakan kategori sedang.

Kata Kunci : Banjir, Dambak Inundasi, Tingkat Dampak Banjir

Published
2022-05-22
Abstract View: 60