PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN 2020 DAN 2021)

  • Rizki Nurcahyani Agustin Unesa
  • Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. Unesa

Abstract

Proses pembelajaran mahasiswa UNESA jurusan pendidikan geografi angkatan 2020 dan 2021 pada masa pandemi covid-19 tersusun dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS), diawal perkuliahan mengalami hambatan serta kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Dosen terkadang mengalami hambatan dalam melaksanakan pembelajaran sehingga perkuliahan tidak berjalan dengan baik. Dosen maupun mahasiswa kesulitan mengganti waktu pekuliahan untuk memenuhi 15 tatap muka. Fasilitas perkuliahan dalam jaringan (daring) merupakan bagian penting dalam pembelajaran saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi, kendala, harapan serta kenyataan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan geografi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2020 dan 2021. Peneliti mengambil sampel sejumlah 90 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner melalui google form. Analisis data memakai analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 dan 2021 terhadap pembelajaran online akibat pandemi Covid 19 termasuk dalam kategori cukup setuju, mahasiswa dapat belajar menyesuaikan kondisi tersebut dengan lingkungannya sehingga mereka mendapatkan kemampuan serta keterampilan baru secara mandiri, tentunya mereka juga dapat memotivasi diri mereka sendiri untuk menyesuaikan diri dengan pembelajaran baru setiap harinya. 2) Kendala pada saat proses pembelajaran online terdiri dari ketidakstabilan sinyal atau jaringan internet, terbatasnya waktu belajar, serta kurangnya pemahaman mahsiswa terhadap materi yang telah disampaikan dosen pengampu mata kuliah. 3) Harapan mahasiswa geografi adalah dapat melakukan pembelajaran secara offline di kampus. Kenyataan di lapangan banyak mahasiswa mengalami kesusahan dalam memahami mata pelajaran yang diajarkan, sehingga mengalami kesulitan pada saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.

Kata Kunci: Persepsi, Kendala, Harapan dan Kenyataan

Published
2022-06-06
Abstract View: 41