ANALISIS TINGKAT KERENTANAN RUMAH TINGGAL TERHADAP BANJIR DI DESA KADEMANGAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

  • Arinda Nufitasari Unesa
  • Nugroho Hari Purnomo Unesa

Abstract

Abstrak

Kademangan merupakan salah satu desa di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang mengalami banjir dengan frekuensi antara 13-17 kali dalam setiap tahun selama tahun 2016-2020. Desa Kademangan terdiri dari tiga dusun yaitu Dusun Kebondalem, Dusun Pekunden, dan Dusun Kademangan. Secara geografis Desa Kademangan dihimpit oleh dua sungai besar yaitu sungai Catak Banteng di sebelah barat dan sungai Pancir Gunting di sebelah timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bahaya banjir dan kerentanan rumah tinggal terhadap bahaya banjir di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupatenn Jombang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari menyebar kuesioner kepada responden dan data sekunder didapatkan dari BPBD Kabupaten Jombang. Unit analisis yang digunakan yaitu titik yang berupa rumah tinggal pada batasan administrasi dusun. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive dan proposional sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri bahaya banjir dan kerentanan rumah tinggal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerentanan rumah tinggal terhadap banjir di Desa Kademangan dari 42 responden yang tersebar di Dusun Kebondalem, Dusun Pekunden, dan Dusun Kademangan terdapat tujuh rumah yang termasuk dalam kategori kerentanan rendah, 15 rumah dalam kategori tingkat kerentanan sedang, dan 20 rumah berada pada kerentanan yang tinggi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir setengah atau 48% dari total seluruh sampel penelitian memiliki tingkat kerentanan rumah tinggal terhadap banjir yang tinggi.

Kata Kunci: Kerentanan Rumah tinggal, Bahaya banjir, Desa Kademangan

Published
2022-06-14
Abstract View: 19