Analisis Tingkat Perkembangan Wilayah Kabupaten Ponorogo

  • Riska Kusumaningtyas Unesa

Abstract

Kabupaten Ponorogo adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki letak strategis karena berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten yang memiliki tingkat perkembangan wilayah cukup tinggi. Selama delapan tahun terakhir beberapa wilayah di Kabupaten Ponorogo terjadi perkembangan pembangunan disebabkan kemampuan dalam mengelola sumber daya alam dan manusia menjadi lebih baik. Terjadinya peningkatan perkembangan beberapa wilayah di Kabupaten Pororogo menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis tingkat perkembangan wilayah dan prioritas perkembangan di Kabupaten Ponorogo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang membahas tentang tingkat perkembangan wilayah. Peneliti menemukan tingkat perkembangan wilayah dengan menggukan tabel skoring untuk dianalisis dan mengadakan pengelompokkan pada sejumlah data yang ada di parameter perkembangan wilayah. Parameter yang digunakan meliputi jumlah persentase lahan terbangun, besar kepadatan penduduk, jumlah fasiltias sosial, jumlah fasilitas ekonomi dan jumlah industri.

Hasil dari penelitian ini adalah Kabupaten Ponorogo pada tahun 2012 sampai 2020 memiliki sembilan kecamatan yang tingkat perkembangan wilayahnya termasuk kelompok maju. Kecamatan tersebut masuk dalam tingkat perkembangan wilayah kelompok maju karena lahan terbangun, tingkat kepadatan penduduk, fasilitas sosial, fasilitas ekonomi dan perindustrian yang memadai. Terdapat empat kecamatan yang tingkat perkembangan wilayahnya termasuk kelompok tertinggal. Ketertinggalan perkembangan wilayah kecamatan tersebut disebabkan lahan terbangun sedikit, tingkat kepadatan penduduk rendah, fasilitas sosial dan fasilitas ekonomi minim, serta kurangnya perindustrian di wilayah tersebut. Tingkat perkembangan wilayah yang rendah mengakibatkan Kecamatan Ngrayun, Kecamatan Slahung, Kecamatan Pudak dan Kecamatan Ngebel masuk dalam prioritas utama kegiatan pengembangan wilayah.

Kata Kunci :  Ponorogo, Perkembangan wilayah

Published
2022-06-14
Abstract View: 34