Kepuasan Masyarakat Terhadap Ganti Rugi Pemerintah Akibat Pembangunan Waduk Bendo di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo

Kepuasan Masyarakat Terhadap Ganti Rugi Pemerintah Akibat Pembangunan Waduk Bendo

  • Nika Puji Rahayu Unesa
  • Drs.Rindawati, M.Si. Unesa

Abstract

Survey pendahuluan yang dilakukan peneliti kepada tujuh warga di Dusun Bendo, semua menyatakan tidak puas dengan ganti rugi lahan yang telah diberikan oleh pemerintah. Akibat pembangunan Waduk Bendo tersebut mengharuskan relokasi tempat tinggal dan perubahan mata pencaharian masyarakat di tempat yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terkait ganti rugi lahan yang diberikan pemerintah dalam pembangunan Waduk Bendo di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Survey. Lokasi penelitian dilakukan di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang terdampak pembangunan Waduk Bendo. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan rumus slovin yaitu sejumlah 30 responden. Pengambilan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terkait ganti rugi lahan akibat pembangunan Waduk Bendo adalah sejumlah 57% masyarakat menyatakan tidak puas, artinya kepuasan masyarakat masih rendah hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek yang menonjol diantaranya luas lahan, lokasi,  dan kondisi air di pemukiman yang baru. Empat puluh tujuh persen masyarakat lainnya merasa puas sertifikasi ganti rugi lahan yang diberikan, kemudahan akses jalan bagi masyarakat yang terdampak menuju fasilitas umum, dan waktu pemberian ganti rugi bagi masyarakat yang terdampak.

Kata kunci: Kepuasan, Ganti Rugi , Masyarakat, Waduk Bendo

Published
2022-06-15
Abstract View: 38