DAMPAK PROYEK PIPANISASI PDAM TERHADAP PERUBAHAN KONDISI SOSIAL EKONOMI DI KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK

  • rizka ainnaya alffatika unesa
  • Drs.Bambang Hariyanto M.Pd Unesa

Abstract

Aktifitas proyek pemasangan pipa PDAM dilaksanakan di dua Kecamatan yakni Kecamatan Manyar dan Kecamatan Bungah bergerak dalam bidang pelayanan air minum selama tiga tahun. Proyek pipa PDAM ini berdampak pada kondisi sosial meliputi perubahan kondisi lingkungan dan ekonomi meliputi perubahan pendapatan pedagang Kecamatan Bungah khususnya di Desa Bungah. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan yang diakibatkan oleh proyek pipa PDAM terhadap kondisi sosial dan kondisi ekonomi pedagang di Kecamatan Bungah khususnya di Desa Bungah pada saat ini

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi yang dijadikan dalam penelitian berada di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, dikarenakan Kecamatan Bungah merupakan sebagian kecamatan yang terkena proyek penanaan pipa PDAM khususnya di Desa Bungah. Jumlah populasi di Desa Bungah 108 jiwa yang terdampak dan diambel sampel sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel dan informasi dilakukan secara terpilih. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif frekuensi yaitu dengan mengolah data di lapangan sehingga memperoleh jawaban responden berupa satuan persen dan paired sample t test untuk menguji perbedaan kondisi sosial dan kondisi ekonomi sebelum dan sesudah proyek.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Kondisi sosial yang berubah adalah kondisi lingkungan yang tidak nyaman diakibatkan oleh kebisingan dari alat berat (mesin bor) dan kerusakan jalan. 2) Kondisi ekonomi yang terdampak terkait omset penjualan menurun sebesar Rp 3.000.000 untuk pedagang ruko dan menurun sebesar Rp 1.000.000 untuk PKL. Hasil paired sample t test menunjukkan nilai signifikansi 0,000> probabilitas 0,05, artinya ada perbedaan pendapatan pedagang ruko dan PKL sebelum proyek dan pada saat proyek berlangsung.

Kata Kunci: kondisi sosial, kondisi ekonomi, PDAM, pipanisasi

Published
2022-06-16
Abstract View: 27