Pengaruh Tingkat Pendidikan, Umur, Kepemilikan Lahan dan Jumlah Anak Terhadap Pendapatan Petani Padi di Desa Sraturejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

  • Fitria Marthiawati Dewi Unesa
  • Bambang Hariyanto Unesa

Abstract

Data BPS menunjukkan mayoritas penduduk miskin di Indonesia merupakan yang bekerja di sektor pertanian yaitu sebesar 51,33% pada tahun 2021. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 46,30%. Hasil observasi menunjukkan rata-rata pendapatan petani padi di Desa Sraturejo (Rp.1.843.875,-) lebih rendah dibandingkan UMK Kabupaten Bojonegoro (Rp.2.079.568,07). Pendapatan petani dari hasil bertani padi tersebut terus menurun selama tahun 2020-2022 sebesar 3,8% pada tahun 2021 kemudian menurun kembali sebesar 4,2% pada tahun 2022. Biaya usahatani dan pendapatan dalam sektor pertanian dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, umur, kepemilikan lahan dan jumlah anak terhadap pendapatan petani padi di Desa Sraturejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui wawancara dan observasi menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, penelitian terdahulu, serta data dari pihak terkait. Populasi pada penelitian ini adalah petani di Desa Sraturejo yang berjumlah 2.331 orang. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden berdasarkan Teori Roscoe. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui program aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).

Penelitian ini menunjukkan hasil yang menyatakan bahwa hanya variabel kepemilikan lahan yang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi di Desa Sraturejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan nilai P 0,000 (< 0,05), sedangkan variabel tingkat pendidikan, umur dan jumlah anak tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi di Desa Sraturejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan nilai P tingkat pendidikan adalah 0,820 (> 0,05), nilai P umur adalah 0,314 (> 0,05), dan nilai P jumlah anak adalah 0,506 (> 0,05).

Kata Kunci: Pendapatan petani padi, tingkat pendidikan, umur, kepemilikan lahan, jumlah anak

Published
2022-06-22
Abstract View: 31