Kajian Lokasi Gerbang Tol Salatiga Terhadap Pendapatan Warung Makan Pada Koridor Jalan Di Kota Salatiga

  • Budairi Budairi Unesa
  • Nugroho Hari Purnomo Unesa

Abstract

Gerbang Tol Salatiga yang beroperasi sejak tahun 2017 menyebabkan kepadatan kendaraan yang melewati jalan arteri kota Salatiga menurun sehingga pengunjung warung makan yang berada di sepanjang jalan arteri Salatiga cenderung menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Naik-turunnya omzet warung makan di sepanjang jalan arteri Salatiga 2) Tren pertambahan warung makan di sepanjang jalan arteri Salatiga.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey. Responden penelitian ini adalah pedagang warung makan di sepanjang jalan arteri kota Salatiga. Sampel diambil dari populasi 177 warung makan di sepanjang jalan arteri Salatiga warung makan yang dihitung dengan menggunakan rumus Solvin sebanyak 40 warung makan. Sampel tersebut dibagi menjadi tiga koridor wilayah, koridor I adalah sepanjang Jalan Lingkar Selatan, koridor II sepanjang jalan Tingkir dimana Gerbang tol berada, dan koridor III adalah jalan arteri di pusat kota Salatiga. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara untuk mendapatkan informasi pendapatan sebelum dan sesudah adanya gerbang tol dan kapan tahun berdirinya warung makan. Analisis data menggunakan Teknik deskriptif kuantitatif. Data-data yang telah didapatkan kemudian diintepretasikan dengan tabel untuk kemudian dilakukan penjabaran dengan membandingkan data di dalam tabel antar koridor dan mengambil kesimpulan hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Setelah gerbang tol Salatiga beroperasi rata-rata omzet harian warung makan di koridor I mengalami penurunan dari Rp. 660.000 menjadi Rp. 390.000, koridor II mengalami peningkatan dari Rp. 366.666 menjadi Rp. 933.333, sedangkan koridor III mengalami penurunan dari Rp. 1.100.000 menjadi Rp. 557.142. 2) Pertambahan jumlah warung makan setelah gerbang tol beroperasi adalah 50% di koridor I, 70% di koridor II dan 25% di koridor III.

Kata Kunci: gerbang tol, warung makan, omzet

Published
2022-06-24
Abstract View: 17