PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA KEMALA BHAYANGKARI I SURABAYA

PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) TO KNOW FACTORS AFFECTING SELF REGULATED LEARNING ON GEOGRAPHY LESSONS FOR STUDENTS OF SMA KEMALA BHAYANGKARI I SURABAYA

  • Sesiria Dwi Mustikasari Unesa
  • Dr. Bambang Sigit Widodo,M.Pd. Unesa

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia pada tahun 2021 mendorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan metode hibrid. SMA Kemala Bhayangkari I Surabaya mulai menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas dengan metode hibrid pada bulan Agustus tahun 2021. Total 30 peserta didik dalam satu kelas terdapat 17 orang dengan persentase 56.67% peserta didik mengaku malas dan tidak yakin atau tidak percaya diri dapat memahami materi yang disampaikan guru mata pelajaran geografi selama pembelajaran hibrid. Dipicu oleh kurangnya regulasi diri peserta didik untuk dapat memahami materi yang dijelaskan guru serta rendahnya keinginan belajar geografi pada diri peserta didik. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar yang baik pada peserta didik selama metode hibrid berlangsung salah satunya dengan memperbaiki kemampuan peserta didik dalam mengatur dirinya (self-regulated) selama kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi self regulated learning siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kemala Bhayangkari I Surabaya.

Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti sampel ataupun populasi tertentu. Peneliti menerapkan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner untuk memperoleh data primer secara langsung di lokasi penelitian yaitu SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya dengan teknik proportional stratified random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 150 peserta didik kelas X (sepuluh). Data yang diperoleh di lapangan akan diolah untuk analisis data kuantitatif menggunakan software SPSS versi 16.0 for Windows. Proses analisis data dilakukan dengan uji Principal Component Analysis (PCA).

Hasil penelitian dengan uji Principal Component Analysis (PCA) dengan menggunakan variabel nilai, harapan, kognitif,sumber daya dan metakognitif menunjukkan faktor - faktor yang mempengaruhi self regulated learning siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Kemala Bhayangkari I Surabaya hanya terbentuk menjadi satu faktor utama yang mempengaruhi self regulated learning siswa yaitu faktor motivasi strategi belajar dengan total varian sebesar 72.351% sedangkan 27.649% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata.Kunci: Pembelajaran Hibrid,Principal Component Analysis,Regulasi Diri.

Published
2022-06-24
Abstract View: 42