PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN DI KELAS X IPS SMAN 22 SURABAYA

  • Emmy Malichatur Rosyidah Unesa
  • Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. Unesa

Abstract

Tuntutan belajar abad ke-21 mengharuskan peserta didik untuk menguasai literasi dasar, kompetensi, dan karakter. Hasil survei pendahuluan yang dilakukan di SMAN 22 Surabaya, menunjukkan bahwa 80% dari 10 orang peserta didik di kelas X IPS, mengaku malas membaca buku, sehingga menyebabkan kurangnya minat dalam membaca yang mengakibatkan peserta didik kurang merespon terhadap pembelajaran geografi. Media infografik menjadi pilihan untuk digunakan sebagai media pembelajaran geografi karena pada abad ke-21 menekankan literasi untuk meningkatkan minat membaca mengenai materi pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Kelayakan media infografik sebagai media pembelajaran geografi 2) Respon peserta didik terhadap media infografik yang telah dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four Design) yang dilakukan ada 4 tahap yaitu: (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate karena keterbatasan waktu dan biaya. Tahap pendefinisian (define) dilakukan analisis kebutuhan terhadap media infografik yang akan dikembangkan, Tahap perancangan (design) dilakukan untuk merancang sebuah media yang akan dikembangkan. Tahap pengembangan (develop) dilakukan validasi kelayakan.  Teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar validasi serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase 75% dan hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 86,67%. Persentase tersebut menunjukkan, jika di rata-rata sebesar 80,83%, jika dibulatkan menjadi 81%. Artinya jika dilihat dari range 81%-100% media infografik “sangat layak”. Hasil skor total dari respon peserta didik sejumlah 36 orang sebesar 85,86%. Kiteria tersebut termasuk ke dalam kriteria “sangat setuju”. Peserta didik memberikan respon sangat setuju jika media infografik digunakan sebagai media pembelajaran geografi pada materi bumi sebagai ruang kehidupan.

Kata Kunci: Media Infografik, Kelayakan, Respon

Abstract

The learning demands of the 21st century require students to master basic literacy, competence, and character. The results of a preliminary survey conducted at SMAN 22 Surabaya, showed that 80% of the 10 students in class X social studies, admitted to being lazy to read books, thus, causing a lack of interest in reading which resulted in students not responding to geography learning. Infographic media is an option to be used as a geography learning media because in the 21st century it emphasizes literacy to increase interest in reading about geography subject matter. This study aims to 1) The feasibility of infographic media as a geography learning medium 2) Student responses to infographic media that have been developed.

This research uses the development research method (R&D) using a 4-D (Four Design) development model which is carried out in 4 stages, namely: (Define, Design, Develop, Disseminate). This research did not reach the disseminate stage due to time and cost constraints. The defining stage (define) is carried out an analysis of the needs of the infographic media to be developed, the design stage is carried out to design a media to be developed. The development stage (develop) is carried out feasibility validation. Data collection techniques are in the form of validation sheet instruments and student response questionnaires. Data analysis techniques uses quantitative descriptive analysis.

Validation results by media experts get a percentage of 75% and validation results by material experts get a percentage of 86.67%. Based on this percentage, if it is on average by 80.83% if rounded to 81%. This means that when viewed from the range of 81%-100% infographic media is "very feasible". The total score of the student response was 36 people at 85.86%. Based on the assessment criteria, included in the "strongly agree" criterion, students responded very much to agree if the infographic media was used as a learning medium for geography on the matter of the earth as a living space.

Keywords: Media Infographic, Feasibility, Respons

Published
2022-07-06
Abstract Views: 78