ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI CALON PENGANTIN WANITA DALAM PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI CALON PENGANTIN DI PUSKESMAS WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO

  • Ayu Ummu Chabiba Unesa
  • Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes. Unesa

Abstract

Data kegiatan kesehatan reproduksi calon pengantin di Puskesmas Wonoayu tahun 2021 menunjukkan bahwa prevalensi partisipasi calon pengantin wanita dalam program kesehatan reproduksi calon pengantin di Puskesmas Wonoayu sebesar 33% jauh dari target minimum yang telah ditetapkan sebesar 60%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis 1) Pengaruh umur, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan, pengetahuan tentang kesehatan, sikap tentang kesehatan, dan dukungan pasangan terhadap partisipasi calon pengantin wanita dalam program kesehatan reproduksi calon pengantin di Puskesmas Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dan 2) Faktor yang paling mempengaruhi partisipasi calon pengantin wanita dalam program kesehatan reproduksi calon pengantin di Puskesmas Wonoayu Kabupaten Sidoarjo.

Metode penelitian ini menggunakan survei dengan rancangan penelitian case control, subjek kasus terdiri dari 49 responden yang mengikuti program kesehatan reproduksi calon pengantin dan subjek kontrol terdiri dari 49 responden yang tidak mengikuti program kesehatan reproduksi calon pengantin. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Chi Square dan uji regresi logistik berganda.

Hasil penelitian: 1) uji chi square menunjukkan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap partisipasi calon pengantin wanita dalam program kesehatan reproduksi calon pengantin di Puskesmas Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo yaitu variabel pendidikan (p=0,036) odd ratio (OR) = 9,36 dan variabel pengetahuan (p=0,008) odd ratio (OR) = 3,28. 2) Uji regresi logistik berganda menunjukkan variabel yang paling mempengaruhi partisipasi calon pengantin wanita dalam program kesehatan reproduksi calon pengantin di Puskesmas Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo yaitu variabel pendidikan (p=0,005).

Kata Kunci: Partisipasi, Calon pengantin, Kesehatan reproduksi.

Published
2022-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 153