Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan di SMA Negeri 22 Surabaya

  • Sitii Ba'idhatul Mu'amanah Unesa
  • Dian Ayu Larasati,S.Pd., M.Sc. UNESA

Abstract

Abstrak

Sebanyak 64% dari 145 peserta didik kelas X IPS di SMAN 22 Surabaya belum mampu mencapai nilai KKM pada Penilaian Akhir Semester Gasal akibat terbatasnya modul dan media pembelajaran. Peneliti mengembangkan media aplikasi android berdasarkan tuntutan pembelajaran abad ke-21 yang sangat membutuhkan penggunaan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kelayakan aplikasi android sebagai media pembelajaran. 2) Respon peserta didik terhadap aplikasi android sebagai media pembelajaran. 3) Efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi android sebagai media pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data kelayakan media diperoleh melalui validasi media dan materi, data respon peserta didik diperoleh melalui angket respon, data efektivitas pembelajaran diperoleh melalui pre-test dan post-test. Teknik analisis data kelayakan media dan respon peserta didik menggunakan Skala Likert,  teknik analisis data efektivitas pembelajaran menggunakan Independent Sample T-test dan N-Gain Score.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Hasil validasi ahli menyatakan jika media aplikasi android sangat layak (93%) dari sisi media dan sangat layak (88%) dari sisi materi. 2) Hasil angket respon peserta didik menyatakan respon sangat baik (92%) terhadap penggunaan media aplikasi android. 3) Hasil pre-test dan post-test  menyatakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android terbukti efektif dengan adanya  perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan  kelas kontrol, nilai rata-rata post-test di kelas eksperimen sebesar 81,4 dan di kelas kontrol sebesar 73,8. N-Gain Score di kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan nilai berkategori sedang dan di kelas kontrol terdapat peningkatan nilai berkategori rendah.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Respon, Efektivitas

Abstract

64% of 145 students of class X IPS at SMAN 22 Surabaya have not been able to achieve the KKM value in the Odd Semester Final Assessment due to limited modules and learning media. Researchers develop android application media based on the demands of 21st century learning which really requires the use of technology. The purpose of this study was to determine: 1) The feasibility of the android application as a learning medium. 2) Student responses to android applications as learning media. 3) The effectiveness of learning using android applications as learning media.

This type of research is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. Media feasibility data was obtained through media and material validation, student response data was obtained through response questionnaires, learning effectiveness data was obtained through pre-test and post-test. The technique of analyzing media feasibility data and student responses uses the Likert Scale, the learning effectiveness data analysis technique uses the Independent Sample T-test and N-Gain Score.

The results of this study are: 1) The results of expert validation state that the android application media is very feasible (93%) from the media side and very feasible (88%) from the material side. 2) The results of the student response questionnaire stated that the response was very good (92%) to the use of android application media. 3) The results of the pre-test and post-test state that learning using the android application is proven to be effective with a significant difference in learning outcomes between the experimental class and the control class, the average post-test score in the experimental class is 81.4 and in the control class of 73.8. The N-Gain Score in the experimental class showed an increase in the score in the medium category and in the control class there was an increase in the score in the low category.

Keywords: Learning Media, Android Application, Response, Effectiveness

Published
2022-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 240