PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL (VIDEO) PADA PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 12 SURABAYA

  • Vavi Indriani Ashari UNESA
  • Ketut Prasetyo UNESA

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia tahun 2020 menimbulkan dampak dalam berbagai sektor, salah satunya yakni pada dunia pendidikan. Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka di sekolah kemudian diarahkan secara daring (online) mengakibatkan SMAN 12 Surabaya kelas XI tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 mengalami penurunan dalam rata-rata hasil belajar siswa pada materi pokok Mitigasi Bencana Alam. Tahun ajaran 2019/2020 memiliki rata-rata 75,34 dan tahun ajaran 2020/2021 mengalami penurunan pada nilai rata-rata 70,9. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan peningkatan dalam penggunaan media audiovisual berupa video terhadap hasil belajar pada pembelajaran Mitigasi Bencana Alam siswa kelas XI SMAN 12 Surabaya.

Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu (Quasi Experiment), Control Group Desain. Proses penelitian menggunakan populasi siswa kelas XI, dengan sampel kelompok kontrol kelas XI IPS 3 dan kelas XI IPS 4 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh pretest dan post-test. Tahapan analisis data yang dilakukan meliputi uji validitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test beserta N-gain test.

Hasil Penelitian pada tahap prestest dan post–test dengan kevalidan soal nilai sig.< 0.05 dan nilai rhitung > rtabel (0.339), kelas kontrol mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 14,64% dan kelas eksperimen sebesar 37,80%. Uji independen sample t-test diperoleh hasil signifikan 0,000<0,05 maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Mitigasi Bencana Alam di kelas XI. Uji N-Gain Test mennunjukkan bahwa kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 0,53, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penggunaan media audiovisual termasuk dalam kriteria sedang namun pada kelas kontrol sebesar 0,11 maka peningkatan hasil belajar termasuk dalam kriteria rendah. Pembelajaran menggunakan media audiovisual pada materi pokok Mitigasi Bencana Alam memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI.

Kata Kunci : Mitigasi Bencana Alam, Media Audio Visual(video), hasil belajar

 

Abstract

TheCovid-19 pandemic that occurred in Indonesia in 2020 caused an impact in various sectors, one of which was in the world of education. Thechange in the learning system from face-to-face in schools was then directed online (online) resulting in SMAN 12 Surabaya class XI tahun teaching 2019/2020 and 2020/2021 mengalami a decrease in the average student learning outcomes on the subject matter of Natural Disaster Mitigation. The 2019/2020 school year had an average of 75.34 and the 2020/2021 school year saw a decrease in the average score of 70.9.  This research aims to  find out whether or not there is an  influence in  the use of audiovisual media in the form of video on learning outcomes in learning Natural Disaster Mitigation for class XI students of SMAN 12 Surabaya.

The research was conducted using a quantitative approach, a type of quasi-experiment (Quasi Experiment), Control Group Design. The research process used a population of class XI students, with samples of the control group of class XI ips 3 and class XI ips 4 as an experimental group of 34 students. Data collection techniques obtained pretest and post-test. The stages of data analysis carried out include validity tests, descriptive analysis, normality tests, homogeneity tests, independent sample t-test and N-gain test.

Research results at the prestest and post-test stages with the validity of the sig.< value of 0.05 andthe calculated  r value of > rtable (0.339), the control class experienced an increase in learning outcomes by 14.64% and the experimental class by 37.80%. The test independent sample t-tis obtained significant results of 0,000<0,05, it can be concluded that there is a significant influence on the use of audiovisual media on student learning outcomes in learning Natural Disaster Mitigation in class XI. The N-Gain Test showed that the experimental class obtained results of 0.53, it was concluded that there was an increase in the use of audiovisual media included in the medium criteria but in the control class of 0.11, the increase in learning outcomes was included in the low criteria. These results can be concluded that learning using audiovisual media has an influence on student learning outcomes.

Keywords: Natural Disaster Mitigation, Audio Visual Media (video), learning outcomes

Published
2022-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 279