Serapan Tenaga Kerja Pertambakan Udang Vaname Di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Tahun 2021

  • Rifda Izzatun Nada Unesa
  • Bambang Hariyanto

Abstract

Kecamatan Paciran merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lamongan dengan potensi usaha tambak udang dengan jumlah desa sebanyak tujuh desa dengan luasan lahan sebesar 674,000 m2. Menjalankan usaha tambak udang pemilik tidak dapat melakukannya sendiri tetapi membutuhkan tenaga kerja dari masyarakat. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui 1) besarnya presentase serapan tenaga kerja 2) faktor yang mempengaruhi serapan tenaga kerja pembenuran dan pembesaran di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. 

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di desa Kandangsemangkon (pembenuran) dan di desa Tunggul (pembesaran), Kecamatan Paciran Kabupaten Lamogan. Populasi petambak pada kedua sejumlah tiga belas pemilik usaha pertambakan udang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan desktiptif persentase dan regresi linier.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Serapan tenaga kerja usaha pembenuran di Desa Kandangsemangkon sebesar 40,10% berasal dari  desa setempat, 25,74% berasal dari keluarga, dan 34,16%  berasal dari luar desa. Serapan tenaga kerja usaha pembesaran di Desa Tunggul sebesar 40,54% berasal dari desa setempat, 30,18% berasal dari keluarga, dan 29,28% berasal dari luar desa 2) Faktor yang mempengaruhi serapan tenaga kerja pembenuran dan pembesaran berdasarkan hasil uji regresi adalah luas lahan dengan nilai p value (0,017), produksi panen dengan nilai p value (0,025) dan pendapatan dengan nilai p value (0,420) karena nilai p value setiap variabel < α (0,05) maka berpengaruh signifikan.

Published
2022-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 140