Kajian Dampak Pandemic Covid-19 dan Strategi Bertahan Pedagang Pakaian di Pasar Raya (Plaza) Bangil Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan

  • Adinda Eka Pratiwi Unesa
  • Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. Unesa

Abstract

Pedagang sebagai pelaku yang bertindak dalam proses kegiatan produsen dan konsumen yang berkaitan dengan distribusi barang atau pemasaran barang dan jasa yang bernilai ekonomi khususnya pakaian. Pedagang yang terkena dampak pandemic Covid-19 secara langsung adalah pedagang pakaian yang berada di pasar raya (plaza) Bangil. Hasil survei yang ditemukan di lapangan adalah pendapatan menurun lebih dari 65%, kesulitan mendapatkan barang atau pasokan dan kekurangan modal usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap penurunan pendapatan dan strategi bertahan pedagang pakaian untuk mempertahankan usahanya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Plaza Bangil yang berada di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pakaian sebanyak 30 orang. Pengumpulan data penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dan observasi para pedagang pakaian. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan pendapatan lebih dari 65% yang dirasakan para pedagang pakaian. Perlu dilakukan cara untuk mengatasi penurunan pendapatan tersebut yaitu dengan strategi. Strategi yang perlu dilakukan dengan promosi melalui media massa yang dikenal dengan online shop memperoleh jumlah persentase sebesar 36,7%. Strategi lain yang dapat digunakan ialah dengan mempersiapkan strategi aktif dan pasif dilakukan dengan menerima kerja sampingan serta meminimalisir pengeluaran, serta strategi jaringan dilakukan dengan menjalin hubungan erat dengan sesama pedagang pakaian.

Kata kunci: Pandemi Covid-19, Pedagang Pakaian, Strategi Bertahan

Published
2022-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 88