Kajian Kesiapsiagaan Warga Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Dalam Menghadapi Bencana Banjir

  • Salia Ainun Qoriatul Hasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung adalah wilayah yang mengalami bencana banjir rata-rata 3 kali tiap tahunnya berdasarkan data dari BPBD Jawa Timur selama rentang tahun 2017-2021. Kesiapsiagaan yang baik diperlukan untuk  menghadapi suatu bencana bagi setiap warga yang tinggal pada wilayah rawan bencana. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis  faktor yang mempengaruhi dan yang paling berpengaruh pada  kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana banjir.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan desain penelitian cross sectional.   Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga (KK) yang tinggal di Desa Kademangan, dengan besar sampel sejumlah 65 responden yang diambil secara proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan kuisioner serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis chi square untuk mengetahui beberapa faktor yang berpengaruh dan regresi logistik berganda untuk mengetahui faktor yang sangat berpengaruh pada kesiapsiagaan warga desa dalam menghadapi bencana banjir.

Hasil analisis chi square menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan (p-value = 0.016) dan umur (p-value = 0.042) terhadap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana banjir. Faktor yang paling berpengaruh pada kesiapsiagaan menurut hasil regresi logistik berganda adalah pendidikan (p-value = 0.009).

Kata kunci: kesiapsiagaan, warga, bencana banjir

 

Abstract

Kademangan Village, Mojoagung District is an area that experiences flood disasters on average 3 times per year based on data from BPBD East Java during the 2017-2021 period. Good preparedness is needed to face a disaster for every residents who lives in disaster-prone areas. This study was conducted to analyze the factors and the most factor that influence the preparedness of residents in dealing with flood disasters.

The reaearch method used is survey research with a cross sectional research design. The population in this study was all heads of household in Kademangan viilage, with a large sample of 65 respondents taken by proportional random sampling. Data collection through interview techniques with questionnaires and documentation. The data analysis technique used is chi square analysis to determine the inf influencing factors and multiple logistic regression to determine the factors that greatly influence preparedness in the face of flood disasters.

The results of the chi square analysis showed that there was a significant effect between  education level (p-value = 0.016) and age (p-value = 0.042) on residents  preparedness for flood disasters.  According to the results of multiple logistic regression, the most influential factor in the preparedness is education level (p-value = 0.009).

Keyword: preparedness, residents, flood disaster

 

Published
2022-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 240