PENGARUH PEREMPUAN BURUH TAMBAK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA KALANGANYAR, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO

  • wanda fitri tjahyanityasa unesa
  • Dr. Sri Murtini, M.Si. unesa

Abstract

Peran perempuan penting dalam pembangunan bangsa sebagai tenaga kerja di berbagai sektor, seperti memanfaatkan sektor pariwisata sebagai buruh tambak. Perempuan sebagai buruh tambak dan pengolah hasil olahan ikan sebesar 63% demi meningkatkan pendapatan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel umur, tanggungan keluarga, pendapatan perempuan dan pengeluaran keluarga dan untuk mengetahui besar kontribusi pendapatan perempuan buruh tambak dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Populasinya sebanyak 117 perempuan buruh tambak, dengan menggunakan rumus slovin sampel yang digunakan sebanyak 54 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis terdiri dari uji t (uji parsial), uji f (uji simultan) dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh adalah pendapatan perempuan (X3) sebesar 15% dan pengeluaran keluarga (X4) sebesar 13% terhadap meningkatkan pendapatan keluarga. Pendapatan yang diperoleh perempuan buruh tambak lebih dari Rp 1.300.000. Pengujian data secara parsial diketahui variabel umur dan tanggungan keluarga tidak berpengaruh, namun untuk variabel pendapatan perempuan dan pengeluaran keluarga berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Pengujian data secara simultan variabel independen (X) berpengaruh dengan variabel dependen (Y). Pengujian koefisien determinasi menunjukkan hasil sebesar 36,8% artinya besar persentase variabel terikat tersebut dapat dijelaskan oleh variabel bebas.

Kata Kunci: Pengaruh, Perempuan buruh tambak, Meningkatkan pendapatan  keluarga

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 63