PENGARUH TEMPAT TINGGAL, TINGKAT PENDIDIKAN WISATAWAN DAN PERSEPSINYA TERHADAP AGROWISATA BELIMBING DESA NGRINGINREJO, KECAMATAN KALITIDU, KABUPATEN BOJONEGORO

  • Dentamera Kusuma Universitas Negeri Surabaya
  • Drs. Agus Sutedjo, M.Si Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Persepsi timbul dari pengalaman yang dialami individu terhadap suatu objek dan bisa dikaitkan dengan hal apa saja, tak terkecuali pada obyek wisata. Salah satu wisata yang ditawarkan di Kabupaten Bojonegoro adalah Agrowisata Belimbing Ngringinrejo. Jumlah kunjungan pada Agrowisata Kebun Belimbing mempunyai kunjungan sebanyak 1.726 yang merupakan kunjungan paling sedikit daripada obyek wisata lain di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pengaruh tempat tinggal dan persepsinya terhadap aksesbilitas, atraksi, dan fasilitas; 2) Pengaruh tingkat pendidikan dan persepsinya terhadap aksesbilitas, atraksi, dan fasilitas. tingkat pendidikan.
Penelitian ini dilakukan di Agrowisata Kebun Belimbing Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para wisatawan yang berkunjung di Agrowisata Belimbing Ngringinrejo pada tahun 2022 sebanyak 242 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan yakni data primer yaitu data kuesioner hasil olahan dengan SPSS dan data sekunder yaitu data jumlah kunjungan wistawan di beberapa objek wisata Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2021-2022. Teknik pengumpulan data yakni : Obsevasi, Kuesioner, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Chi Square dan menggunakan rumus koefisien kontingensi C dan Cmaks.
Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh yang sigifikan antara tempat tinggal wisatawan dan persepsinya terhadap aksesibilitas, atraksi, dan fasilitas, karena pengaruh antar variabel sangat kecil, dan 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan wisatawan dan persepsinya terhadap aksesibilitas, atraksi, dan fasilitas, karena pengaruh antar variabel sangat kecil.


Kata Kunci : Persepsi, Tempat Tinggal, Tingkat Pendidikan, Agrowisata Kebun Belimbing.

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 134