Analisis Kecukupan Ruang Terbuka Hijau Terhadap Emisi Karbon Dioksida (CO2) Sektor Rumah Tangga Di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur

  • Nia Aprillia Unesa
  • Dr. Muzayanah, S.T., M.T. Unesa

Abstract

Kecamatan Pare memiliki kadar CO2 yang melebihi ambang batas udara bersih yang ditetapkan oleh WHO yaitu sebesar 540 ppm. Penduduk di Kecamatan Pare memiliki ragam aktivitas rumah tangga seperti pemakaian bahan bakar memasak LPG (Liquid Petroleum Gas) dan pemakaian listrik yang berdampak pada tingginya emisi CO2. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi tingginya emisi COyaitu penyerapan CO2 oleh vegetasi atau Ruang Terbuka Hijau (RTH). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Emisi CO2 berdasarkan pada kegiatan rumah tangga, 2) Kemampuan serapan CO2 berdasarkan vegetasi di Kecamatan Pare, dan 3) Evaluasi kecukupan RTH di Kecamatan Pare.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh rumah tangga di Kecamatan Pare. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer yaitu observasi lapangan melalui kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan metode IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change), analisis kemampuan serapan CO2 berdasarkan tutupan vegetasi, dan analisis kebutuhan RTH.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Emisi yang dihasilkan dari sektor rumah tangga di Kecamatan Pare sebesar 84.120,225 ton CO2 /tahun dengan rata-rata 2,280 ton CO2/tahun. 2) Kemampuan serapan emisi CO2 berdasarkan vegetasi di Kecamatan Pare telah menyerap emisi CO2 sebesar 184.713,99 ton CO2/tahun dengan masing-masing vegetasi pohon menyerap sebesar 16.9687,70 ton CO2/tahun, semak belukar menyerap sebesar 62,9 ton CO2/tahun, padang rumput menyerap sebesar 235,494 ton CO2/tahun, dan sawah menyerap sebesar 184.713,99 ton CO2/tahun. 3) Evaluasi kecukupan RTH di Kecamatan Pare telah mampu mereduksi CO2, namun ada dua wilayah yang belum mampu menyerap CO2 yaitu Kelurahan Pare dan Bendo sehingga membutuhkan penambahan RTH pada Kelurahan Pare diperlukan tambahan sebesar 10,873 Ha sedangkan pada Desa Bendo diperlukan tambahan sebesar 1,505 Ha.

 

Kata Kunci: Emisi CO2, sektor rumah tangga, tutupan vegetasi, Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Published
2022-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 154