PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELJARAN 3D MODEL BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

  • nanda olivia putri unesa
  • Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T.

Abstract

Hasil observasi selama pengenalan lingkungan persekolahan (PLP), pembelajaran geografi di kelas 10 IPS SMAN 3 Surabaya memiliki dua kekurangan yakni, guru menyampaikan materi pelajaran secara verbal dan buku pelajaran geografi juga hanya berupa buku LKS. Ilustrasi dalam buku LKS yang menggambarkan objek pembelajaran secara detail hanya 30% dari 10 gambar, akibatnya siswa memiliki minat baca yang rendah, mudah bosan, hilang fokus di tengah pembelajaran dan 60% dari 33 siswa memiliki nilai di bawah KKM, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar geografi dan juga media yang dapat menggambarkan bagaimana objek pembelajaran yang dipelajari sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami materi pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media, efektifitas media dan respon siswa terhadap media

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tingkat kelayakan media diketahui dari hasil validasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru geografi, efektifitas media pembelajaran diketahui dari hasil tes uji coba pengembangan dan respon siswa diketahui dari hasil angket respon siswa terhadap penggunaan media.

Media pembelajaran 3D model berbasis website divalidasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru geografi. Rata-rata hasil persentase adalah sebesar 91,8% dan dikategorikan “sangat layak”. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif untuk digunakan dalam pembelajaran geografi ditujukkan dengan hasil uji T paired test diperoleh nilai signifikansi 0,000. Respon siswa mendapatkan nilai sebesar 87,4% dikategorikan “sangat setuju” sehingga dapat disimpulkan bawa media pembelajaran mendapat respon baik dari siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran, 3D Model, Website

Published
2022-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 226