Persepsi Wisatawan Terhadap Objek Wisata Pantai Pidakan di Desa Jetak Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan

  • Muhammad Bangun Setiya Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Ketut Prasetyo, M.S. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Persepsi wisatawan terhadap suatu objek wisata merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan untuk memberikan masukan bagi pengelola dan dinas terkait dalam pengembangan suatu objek wisata kedepan. Berbagai daya tarik wisata yang ditawarkan di Kabupaten Pacitan salah satunya adalah Objek Wisata Pantai Pidakan. Jumlah kunjungan pada Objek Wisata Pantai Pidakan mempunyai rata-rata jumlah kunjungan 55.057 pada tahun 2016-2019 yang merupakan kunjungan paling sedikit daripada objek wisata lain yang ada di Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata, fasilitas objek wisata, dan aksesibilitas.

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian Survey yang dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 40 Wisatawan yang datang pada Objek Wisata Pantai Pidakan di Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni : Observasi lapangan untuk mendapat informasi objek wisata; Kuisioner yang meliputi persepsi wisatawan terhadap daya tarik, fasilitas dan aksesibilitas; dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis dengan Skala Likert.

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Persepsi Wisatawan Terhadap Daya Tarik Objek Wisata Pantai Pidakan, yaitu sebesar  1232 yang dapat diartikan daya tarik yang ada di Objek Wisata Pantai Pidakan tergolong baik. Persepsi Wisatawan Terhadap Fasilitas Objek Wisata Pantai Pidakan, sebesar 1290, dapat dikategorikan baik. Persepsi Wisatawan Terhadap Aksesibilitas Objek Wisata Pantai Pidakan, yaitu sebesar 997, sehingga  masuk kategori kurang baik.

Kata Kunci : Persepsi, Daya Tarik, Fasilitas, Aksesbilitas, Objek Wisata

Published
2022-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 335